Home » Sport » Timnas Indonesia U-22 Berhasil Juarai Piala AFF 2019 Setelah Mengalahkan Thailand dengan Skor 2-1

Timnas Indonesia U-22 Berhasil Juarai Piala AFF 2019 Setelah Mengalahkan Thailand dengan Skor 2-1



Phnom Penh – Setelah meraih kemenangan 2-1 atas Thailand di pertandingan final yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019), Timnas Indonesia U-22 sukses meraih gelar juara Piala AFF U-22 2019. Meski sempat tertinggal lebih dulu, gol Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay menjadi penentu gelar juara menjadi milik Tim Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-22 Berhasil Juarai Piala AFF 2019 Setelah Mengalahkan Thailand dengan Skor 2-1

Timnas Indonesia U-22 Berhasil Juarai Piala AFF 2019 Setelah Mengalahkan Thailand dengan Skor 2-1

Setelah sejumlah peluang emas didapatkan oleh Tim Garuda Muda di babak pertama, seperti Osvaldo Haay pada menit keempat, Gian Zola pada menit ke-27, dan Witan Sulaeman pada menit ke-33, pertandingan babak pertama harus berakhir tanpa gol.

Thailand mulai berusaha bermain lebih lepas, pada babak kedua pertandingan. Lini pertahanan Timnas Indonesia U-22 pun mulai tertekan, di mana Awan Setho harus mulai menghalau serangan-serangan tim Gajah Perang.

Serangan Thailand berbuah manis pada menit ke-57. Kapten Thailand, Saringkan Promsupa, berhasil mencetak gol dengan tandukan setelah menerima umpan tendangan bebas dari rekan setimnya.

Namun, keunggulan tersebut tak bertahan lama. Timnas Indonesia U-22 berhasil membalas lewat gol yang dicetak Sani Rizki Fauzi pada menit ke-58. Mendapat umpan dari Gian Zola, tembakan dilepas Sani Rizki dan membentur tubuh bek Thailand, Marco Ballini. Bola berubah arah dan gagal dihalau oleh kiper Thailand, Korraphat Nareechan.

Timnas Indonesia U-22 berhasil berbalik unggul pada menit ke-63. Seperti halnya gol yang dicetak Thailand, Tim Garuda Muda berhasil mencetak gol lewat tandukan Osvaldo Haay setelah menerima umpan tendangan bebas Luthfi Kamal Baharsyah.

Tertinggal satu gol membuat para pemain Thailand termotivasi untuk bisa menyamakan kedudukan lagi. Para pemain Thailand berusaha untuk menekan lini pertahanan Tim Garuda Muda.

Dalam keadaan unggul, Timnas Indonesia U-22 harus kehilangan bek tengah sekaligus kapten tim, Bagas Adi Nugroho, yang diusir wasit karena kartu merah. Bagas melakukan tekel keras dengan dua kaki yang membuat wasit tak memberinya ampun dan mengusirnya dari lapangan.

Gawang Awan Setho kemudian digempur oleh Thailand. Namun, kukuhnya pertahanan meski tanpa Bagas Adi membuat Thailand tak berhasil memaksimalkan peluang-peluang yang mereka miliki.

Wasit meniupkan peluit panjang dan Timnas Indonesia U-22 pun resmi menjadi juara Piala AFF U-22 2019 dengan kemenangan 2-1 atas Thailand.

(Png – sisidunia.com)