Home » News » Angin Puting Beliung Rusak 4 Desa di Jombang

Angin Puting Beliung Rusak 4 Desa di Jombang



Jombang – 4 desa di Kabupaten Jombang tekena angin puting beliung, Minggu (24/2/2019) pada sore. Sapuan angin kencang mengakibatkan ratusan rumah penduduk rusak serta melukai seorang warga.

Angin Puting Beliung Rusak 4 Desa di Jombang

Angin Puting Beliung Rusak 4 Desa di Jombang

Salah satu desa yang tersapu puting beliung yakni Desa Bulurejo, Kecamatan Diwek. Salah seorang warga setempat Nur Khalimah mengatakan, angin kencang datang bersamaan dengan hujan deras.

Baca juga : Wanita Ini Naik Motor Keliling Kediri Dalam Kondisi Telanjang

Saking kencangnya angin, pohon-pohon di depan rumahnya tumbang. Dia pun berlindung di dalam rumah bersama anak dan suaminya.

“Angin sekitar 5 menit, genteng rumah rontok. Untung tak kena saya,” kata Khalimah kepada wartawan di lokasi, Minggu (24/2/2019).

Puting beliung itu juga membuat warga lainnya, Wagiono syok. Betapa tidak, dia mengaku nyaris tertimpa pohon yang tumbang di depan rumahnya saat berusaha mengajak anak dan istrinya menyelamatkan diri. Beruntung dia selamat meski sempat jatuh tersungkur ke tanah.

“Saat itu saya baru pulang dari sawah, angin memutar-mutar kencang. Untung pohon terganjal cabangnya sehingga tak sampai kena saya,” ujar Wagiono.

Wagiono memperkirakan, ada 100 rumah warga yang rusak akibat puting beliung. Bahkan, kencangnya sapuan angin mengakibatkan sebuah tower jaringan seluler ambruk menimpa rumah warga.

“Ada yang luka sampai dibawa ke rumah sakit, satu orang,” imbuhnya.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang Gunadi menjelaskan, puting beliung juga menyapu Desa Keras di Kecamatan Diwek, Desa Sepanyul di Kecamatan Gudo, serta Desa Kalang Semanding, Kecamatan Perak.

“Untuk dampaknya masih dalam proses pendataan,” tandasnya.

(Png – sisidunia.com)