Home » News » Banyak Satwa Langka Ditemukan di Hutan Mangrove Surabaya

Banyak Satwa Langka Ditemukan di Hutan Mangrove Surabaya



Jakarta – Komunitas Wildlife Photography Surabaya melakukan pengamatan di hutan mangrove Wonorejo, Surabaya. Selama empat tahun, mereka terus menerus melakukan pengamatan di sana, banyak menemukan hewan langka yang menjadikan kawasan itu sebagai habitatnya.

Banyak Satwa Langka Ditemukan di Hutan Mangrove Surabaya

Kucing Bakau

Salah satu hewan langka yang ditemukan adalah Kucing Bakau. Satwa dilindungi tersebut tertangkap dalam jepretan kamera yang dipasang oleh anggota komunitas ini, Ivan Martin, Cipto Dwi Handono, Happy Ferdiansyah, Agus Azhari dan Iwan Febrianto.

“Memang belum ada bukti bahwa yang kami temukan adalah kucing bakau. Namun tiga dari lima ahli yang diminta identifikasi meyakini itu adalah kucing bakau,” ucap Iwan, Selasa (10/10/2017).

Kucing bakau tersebut adalah hewan langka yang dilindungi. Tidak banyak tempat yang bisa dihuni oleh Kucing Bakau. Hutan mangrove menjadi habitat alami dari kucing bakau ini.

Tidak hanya kucing bakau, beberapa burung migran langka juga tertangkap kamera para anggota komunitas. Burung Bubut Jawa, Gajahan Pengala, Burung Dara Laut, dan juga Raja Udang.

Sayangnya, banyaknya satwa langka di hutan Mangrove ini tidak diimbangi oleh kondisi hutan Mangrove. Bahkan menurut Iwan, kondisi hutan tersebut banyak yang sudah rusak dan banyak yang sudah dipatok oleh pengembang.

“Di sana banyak patok pengembang. Kami ingin agar habitat asli para satwa langka liar ini tidak rusak, dipatok oleh pengembang dan juga hilang,” kata Iwan.

Sebab selama berkeliling hutan Mangrove, komunitas Wildlife Photography Surabaya kerap melihat patok yang disinyalir milik pengembang.

Ia meminta agar Pemkot lebih perhatian dan memastikan untuk merawat kondisi hutan mangrove demi menjaga kelangsungan hidup hewan liar.

“Jangan sampai ada pengurangan lahan hutan bakau untuk kepentingan pengembang,” ucapnya.

(Seph – sisidunia.com)