Home » News » Kuota Formasi CPNS 2014 Berkurang Akibat Batas Usia Pensiun Bertambah

Kuota Formasi CPNS 2014 Berkurang Akibat Batas Usia Pensiun Bertambah



Jakarta – Ada yang berbeda dengan Lowongan CPNS tahun 2014 ini dan tahun-tahun yang akan datang, yakni jumlah kuota CPNS mulai tahun ini dan seterusnya bakal berkurang, bahkan hingga ke titik nol (zero growth). Penyebab adanya pengurangan ini adalah karena mengikuti jumlah PNS yang pensiun, yakni akibat Batas Usia Pensiun (BUP) yang bertambah. Sehingga kuota formasi untuk CPNS 2014 dipastikan akan mengalami penurunan.

Seperti dilansir situs JPNN.com (Selasa, 12/08/2014) bahwa menurut Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, dengan adanya UU Aparatur Sipil Negara (ASN) berimbas pada penambahan BUP, dari aturan yang sebelumnya membatasi pada usia 56 tahun kini berubah menjadi usia ke-58 tahun. Sehingga otomatis hal ini mengakibatkan BUP seorang PNS menjadi bertambah panjang.

Kuota Formasi CPNS 2014 Berkurang Akibat Batas Usia Pensiun Bertambah

“Terjadi pergeseran antara kuota CPNS dengan BUP. Dimana BUP yang bertambah mendorong berkurangnya PNS yang pensiun. Akibatnya, jumlah CPNS baru juga berkurang,” kata Setiawan.

Selain BUP, dalam pemberian formasi CPNS, KemenPAN-RB juga mengutamakan pada analisa jabatan dan beban kerja pegawai di masing-masing instansi. Selain itu dihubungkan dengan jumlah penduduk.

“Nah faktor koreksinya ada di belanja pegawai. Kalau belanja pegawainya besar, formasinya tidak kita berikan,” ucapnya.

Biasanya jumlah PNS yang memasuki BUP sekitar 125.000 orang setiap tahunnya. Disebabkan banyak bertambahnya BUP, mengakibatkan jumlah tersebut menyusut menjadi 100.000 orang saja. (Nailah Azka – sisidunia.com.)