Home » News » LSN Akui Salah Hitung Cepat Untuk Prabowo Hatta

LSN Akui Salah Hitung Cepat Untuk Prabowo Hatta



Jakarta – Lembaga Survei Nasional yang bekerjasama dengan pasangan nomor urut 1 yakni Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa mengakui melakukan kesalahan soal hasil hitung cepat dalam proses pemilihan presiden dan wakil presiden 2014. Peneliti utama LSN Ikhsan rosidi(1-8-2014) mengakui bahwa terjadi ketidaktepatan dalam proses quick count yang diselenggarakan lembaganya. Lembaga Survei Nasional tersebut akan melakukan audit internal mendalami proses penentuan sample, dan juga petugas-petugas lapangan yang mengirim data ke kantor pusat.

LSN Akui Salah Hitung Cepat Untuk Prabowo Hatta

LSN

Dalam hasil hitung ceapt yang diselenggarakan oleh Lembaga Survei Nasional menyatakan bahwa pasangan Prabowo-Hatta memperoleh 50,56 persen suara nasional dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2014. Padahal berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum pada 22 juli 2014 menetapkan bahwa pasangan Prabowo-Hatta hanya memperoleh 46,85 persen. Sedangkan pasangan Jokowi-Jk memperoleh 49,94 persen suara nasional, padahal dalam ketetapan KPU pasangan tersebut memperoleh suara sebanyak 53,15 persen suara nasional.

Pihak Lembaga Survei Nasional tidak akan mengajukan protes kepada Komisi Pemilihan Umum dan menerima kesalahan yang dilakukan lembaganya, sementara akan memastikan letak kesalahan quick qount pada pemilihan presiden dan wakil presiden 2014. LSN sendiri terdaftar pada KPU yakni lembaga yang akan melakukan proses quick qount dalam pemilihan presiden dan wakil presiden.

Pada proses quick qount pemilihan presiden dan wakil presiden 2014 kemarin pihak Lembaga Survei Nasional mendapat dana sebesar 1 milyar dari tim pemenangan Prabowo-Hatta, dimana dana tersebut hanya digunakan untuk biaya tim lapangan yang mendapat jatah 500 ribu per tempat pemungutan suara, dengan mengambil sample sebanyak 2.000 TPS di seluruh indonesia. (fauji nur – sisidunia.com)