Home » News » Hujan Buatan Sulit Padamkan Kobaran Api Di Riau

Hujan Buatan Sulit Padamkan Kobaran Api Di Riau



Jakarta – Peristiwwa kebakaran hutan yang terjadi di Riau, sudah memasuki level yang bahaya. Ini dikarenakan kebakaran terjadi terus menerus, ini sangat meresahkan seluruh warga Riau.

Hujan Buatan Sulit Padamkan Kobaran Api Di Riau

Irjen Pol Ronny Franky Sompie selaku Kepala Divisi Humas Mabes Polri, juga membenarkan hal itu, kalau kebakaran sudah berada di 137 titik api.

“Suhu udara di sekitar kejadian juga cukup tinggi yaitu mencapai 33 derajat celcius, dengan kebakaran di 137 titik api,” kata Ronny saat dihubungi via telepon, Jum’at (14/3/2014).

Ternyata titik 137 iu terletak di bberapa wilayah kabupaten, kabupaten sendiri ada 65 titik, Indragiri Hilir 6 titik, Meranti ada 33 titik, Pelalawan ada 11 titik, Dumai 5 titik, dan Siak 17 titik. Melihat keadaan yang seperti sudah pasti kalau Bandara Sultan Syarif di Pakanbaru juga tidak dapat digunakan.

“Pandangan juga sangat sulit sekali dilihat, jadi tidak ada jadwal terbang,” kata Ronny.

Hingga saat ini petugas yang memadamkan api juga tidak diam begitu saja, mereka terus berupaya semaksimal mumgkin. Teteapi karena pandangan yang sangat terganggu menyebabkan petugas tidak bisa secara maksimal dalam memadamkan api, bahkan hujan buatan yang dibuat pun sepertinya tidak berhasil.

Walaupun bagitu petugas TNI, Polri dan pihak-pihak yang membantu tidak berhenti disitu saja, jalur darat pun ditempuh, dan dilakukan pemadaman secara manual. (Samsul Arifin – sisidunia.com)