Home » Gaya Hidup » Cara Mencegah Radang Tenggorokan dengan Memanfaatkan Kencur

Cara Mencegah Radang Tenggorokan dengan Memanfaatkan Kencur



Jakarta – Kencur, bumbu dapur dengan aroma yang khas, dapat membantu orang yang sedang berpuasa terhindar dari radang tenggorokan.

Cara Mencegah Radang Tenggorokan dengan Memanfaatkan Kencur

Cara Mencegah Radang Tenggorokan dengan Memanfaatkan Kencur

Puasa membuat kita kehilangan cairan. Tidak minum selama belasan jam, dehidrasi pun melanda dan tenggorokan menjadi kering. Risikonya, kita jadi mudah mengalami radang tenggorokan.

“Secara spesifik kurang minum bukanlah penyebab radang tenggorokan. Namun, kurang minum jelas mengakibatkan dehidrasi. Dampaknya tenggorokan menjadi kering, dan bisa meningkatkan radang tenggorokanManfa,”kata dr Sepriani Timurtini Limbong dari Klik Dokter.

dr Melyarna Putri menjelaskan bahwa kencur mengandung zat sitotoksik dan antibakteri yang dipercaya ampuh menangkal radang tenggorokan, yang disebabkan bakteri Streptococcus pyogenes, terkait kegunaannya itu.

Selain itu, tanaman herbal yang dikenal dengan sebutan Curcuma zedoaria juga menyimpan sifat antiradang. “Selain dapat membantu menonaktifkan bakteri penyebab radang tenggorokan, kencur juga dapat meredakan sensasi nyeri, panas, dan demam akibat penyakit tersebut,” Melyarna menjelaskan.

Baca juga : Manfaat Minyak Zaitun Ketika Dikonsumsi Selama Ramadan

Lebih lanjut, Melyarna mengatakan bahwa kencur memiliki manfaat untuk melegakan saluran pernapasan dan membantu meredakan batuk berdahak lebih cepat.

Tak heran, orang-orang yang pekerjaannya sangat bergantung pada kondisi tenggorokan seperti penyanyi atau pemain teater, akan menjadikan tanaman herbal ini sebagai senjata andalan sebelum tampil.

(Png – sisidunia.com)