Home » Hiburan » Avengers: Endgame Geser Titanic Sebagai Film Terlaris Kedua Sepanjang Massa

Avengers: Endgame Geser Titanic Sebagai Film Terlaris Kedua Sepanjang Massa



Los Angeles – Jelas belum berakhir, masa kejayaan ‘Avengers: Endgame’. Film ke-22 Marvel Cinematic Universe ini masih terus mencetak rekor.

Avengers: Endgame Geser Titanic Sebagai Film Terlaris Kedua Sepanjang Massa

Avengers: Endgame

Capaian terbaru, berdasarkan data box office yang dirilis Senin (6/5), ‘Endgame’ resmi menembus US$2 miliar dan menggeser posisi ‘Titanic’ sebagai film kedua dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa, serta menjadi yang tercepat mencapai angka tersebut.

Perolehan itu dicapai pada akhir pekan kedua penayangannya, 3-5 Mei 2019. Kini, pendapatan ‘Endgame’ tercatat US$2,188 miliar atau setara dengan Rp31,1 triliun. Angka ini hanya unggul US$1 juta dari film legendaris ‘Titanic’ (1997) yang memperoleh US$2,187 miliar.

Perolehan ‘Endgame’ masih amat mungkin terus bertambah dan berpeluang menjadi nomor wahid film terlaris sepanjang masa. Hal ini lantaran ‘Endgame’ hanya terpaut US$599,3 juta dari film jawara, ‘Avatar’ (2009) yang berpendapatan US$2,78 miliar.

‘Endgame’ pun masih terus menguasai bioskop baik di pasar domestik Amerika Utara atau internasional.

‘Endgame’ menjadi satu dari lima film yang mampu menjual tiket hingga melewati angka tersebut, dengan capaian melebihi US$2 miliar ini. Empat film lainnya adalah ‘Avatar’, ‘Titanic’, ‘Star Wars: The Force Awakens’ dengan US$2,06 miliar, dan ‘Avengers: Infinity War’ dengan US$2,04 miliar.

Pendapatan terbaru ‘Endgame’ ini sebagian besar atau 71 persen berasal dari pasar internasional dengan perolehan total mencapai US$1,569 miliar atau setara dengan Rp22,3 triliun, menurut data dari Box Office Mojo.

Sedangkan pendapatan sisanya berasal dari pasar domestik Amerika sebesar US$619 juta atau 28,3 persen. Meski begitu, perolehan sementara ‘Endgame’ di Amerika Utara ini menempatkan karya Russo bersaudara itu menjadi film ke-9 dengan pendapatan terbesar di kawasan.

Menurut catatan Box Office Report, wilayah yang menjadi penyumbang untung terbesar untuk ‘Endgame’ adalah China dengan US$575,8 juta atau sekitar 36 persen dari keseluruhan pendapatan internasional.

Setelah China, ada Inggris Raya dengan US$89,9 juta, disusul Korea Selatan (US$82,1 juta), Meksiko (US$61,6 juta), Brasil (US$56,3 juta), India (US$51,8 juta), Jerman (US$47,4 juta), Australia (US$43,1 juta), Prancis (US$43,1 juta), Jepang (US$34,4 juta), lalu Rusia (US$32,6 juta).

Setelah Rusia, Indonesia menyusul dengan pendapatan sebesar US$30,9 juta atau setara dengan Rp439,5 miliar. Angka laporan dari distributor Disney tersebut diperkirakan berasal dari sekitar 10 juta tiket yang terjual dari seluruh wilayah di Indonesia.

Dilaporkan Variety, rekor ‘Avengers: Endgame’ bukan hanya itu. Film yang dibiayai ‘hanya’ US$356 juta ini sebelumnya telah mencatat angka pembukaan tertinggi, yaitu US$1,2 miliar dari seluruh dunia, termasuk US$357 juta di Amerika Utara.

(Png – sisidunia.com)