Home » Gaya Hidup » Beberapa Kegiatan yang Bermanfaat Bagi Otak

Beberapa Kegiatan yang Bermanfaat Bagi Otak



Jakarta – Menjaga otak tetap sehat akan memberikan berbagai macam manfaat, seperti meningkatkan kekuatan otak, memperkuat fokus, ingatan, bahkan juga memperbaiki suasana hati. Rutinitas harian akan sangat memengaruhi, untuk menjaga kesehatan otak.

Beberapa Kegiatan yang Bermanfaat Bagi Otak

Beberapa Kegiatan yang Bermanfaat Bagi Otak

Dikutip dari Bustle, berikut adalah beberapa rutinitas yang bisa menjaga kesehatan otak:

1. Tidur yang cukup

“Tidur adalah fase yang paling utama yang memulihkan otak,” jelas psikolog kesehatan Dr. Shilpi Agarwal.

Secara garis besar, otak bertanggung jawab untuk memperkuat memori dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Tidur selama 7 hingga 9 jam membantu otak memproses lebih cepat dan meningkatkan daya ingat.

2. Bermain gim

“Cobalah untuk melakukan aktivitas yang menantang pikiran setiap hari,” kata Agarwal.

Sebuah studi dari University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat, menemukan bahwa bermain gim seperti kartu atau catur, dapat membantu melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer.

3. Olahraga

Studi dari University of British Columbia, Kanada, menemukan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan hippocampus di otak, yang berfungsi meningkatkan daya ingatan. Agarwal juga mengungkapkan bahwa olahraga, selain bermanfaat bagi otak, juga meningkatkan energi untuk tubuh.

4. Membaca

Penelitian Emory University, Amerika Serikat, menemukan bahwa membaca buku fiksi meningkatkan konektivitas di otak dan meningkatkan fungsi otak.

“Meluangkan waktu untuk membaca sesuatu yang meanrik meningkatkan keterampilan kognitif dan kesehatan otak,” ungkap Agarwal.

5. Bersosialisasi

Sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Public Health, menemukan bahwa interaksi sosial sehari-hari dapat membantu otak terlindungi dari demensia dan Alzheimer.

(Png – sisidunia.com)