Home » Hiburan » Baru Pekan Perdana, Avengers: Endgame Sudah Pecahkan 12 Rekor

Baru Pekan Perdana, Avengers: Endgame Sudah Pecahkan 12 Rekor



Los Angeles – Rupanya benar-benar menjelma sebagai fenomena baru di industri perfilman dunia, “Avengers: Endgame”. Selain merajai box office dan mengumpulkan lebih dari USD 1 miliar (sekitar Rp 14,3 triliun), seri lanjutan “Avengers: Infinity War” ini rupanya juga berhasil menyapu bersih sederet rekor lainnya.

Baru Pekan Perdana, Avengers: Endgame Sudah Pecahkan 12 Rekor

Avengers End Game

Bahkan tak tanggung-tanggung, Variety mencatat setidaknya ada sekitar 12 rekor yang telah dipecahkan oleh film pamungkas besutan Marvel Studios ini. Nah, kira-kira apa saja?

1. Film Debut Terlaris Sepanjang Masa

Yang pertama adalah “Avengers: Endgame” dinobatkan sebagai film dengan penghasilan pembukaan terbesar di seluruh dunia, alias film debut terlaris sepanjang masa. Diketahui, hingga kini seri terakhir “The Avengers” tersebut sudah meraup USD 1,2 miliar dari seluruh dunia. Raihan ini menggeser rekor yang sebelumnya dipegang oleh “Avengers: Infinity War” yang mampu mengumpulkan USD 641 juta di pekan perdananya pada April 2018 lalu.

2. Film Tercepat yang Meraih 1 Miliar Dolar

Rekor kedua yang diraih “Avengers: Endgame” adalah sebagai film tercepat yang meraih USD 1 miliar di seluruh dunia. Seperti yang diketahui, film ini hanya membutuhkan waktu lima hari untuk melampaui angka tersebut. Sebagai perbandingan, “Avengers: Infinity War” membutuhkan waktu 10 hari untuk mencapai raihan yang sama di box office.

3. Film Debut Terlaris di Amerika Utara

Pasar domestik tentunya menyumbang cukup besar di balik kesuksesan yang diraih oleh “Avengers: Endgame”. Film ini berhasil meraup USD 350 juta di pekan pembukaannya. Catatan ini membuat “Avengers: Endgame” lebih unggul USD 93 juta dibandingkan “Avengers: Infinity War” dan USD 102 juta di atas “Star Wars: The Force Awakens”, yang sebelumnya pernah memecahkan rekor serupa.

4. Film Terlaris di Hari Pertama Penayangan

Tak hanya akumulasinya saja yang fantastis, di hari pertama penayangannya pun “Avengers: Endgame” sudah meraih hasil yang gemilang. Di Amerika Utara sendiri, film ini tercatat mengumpulkan USD 156 juta (sekitar Rp 2,2 triliun) di hari pertama penayangannya pada Jumat (26/4) lalu.

5. Film Debut Terbesar di Tiongkok

Bukan rahasia lagi kalau pasar Tiongkok merupakan salah satu penyumbang terbesar dari penghasilan film-film Hollywood. Di Tiongkok sendiri, “Avengers: Endgame” sudah meraup penghasilan hingga USD 330,5 juta (sekitar Rp 4,6 triliun).

6. Film Debut Terlaris Internasional

Dengan beragam rekor yang telah ditorehkan, tentunya tak heran jika “Avengers: Endgame” juga mendapatkan label sebagai film dengan debut tertinggi di pasar internasional. Tercatat, “Avengers: Endgame” hampir menghasilkan USD 859 juta (sekitar Rp 11,9 triliun) di luar Amerika. Raihan ini mengalahkan ‘”The Fate of The Furious” yang selama ini memegang rekor pendapatan minggu pertama internasional.

7. Film dengan Debut Terbesar di 44 Negara

Hingga berita ini dirilis, “Avengers: Endgame” menjadi film dengan penghasilan pembuka tertinggi di sejumlah lokasi pemutaran dunia. Di antaranya adalah Australia, Tiongkok, Korea, Brasil, Meksiko, Argentina, Spanyol, dan Inggris. Tak hanya itu, “Avengers: Endgame” juga menjadi film terlaris di hari pertama tayang pada 29 negara.

8. Film Akhir Pekan Terlaris di Pasar Domestik

Di Amerika Utara, “Avengers: Endgame” tercatat mengumpulkan hingga USD 400 juta sampai akhir pekan. Sebagai perbandingan, sebelumnya “Avengers: Infinity War” hanya mampu meraih USD 314 miliar di akhir pekan perdana pemutarannya pada 2018 lalu.

9. Top Market Share

“Avengers: Endgame” merupakan film dengan pasar teratas yang dibuka dengan penghasilan lebih dari USD 150 juta dengan 87% dari total box office. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh “Avengers: Age of Ultron” dengan 82% dari total pasar sebesar USD 233 juta pada tahun 2015 lalu.

10. Rekor Imax

“Avengers: Endgame” rupanya juga turut memecahkan rekor Imax. Tercatat, film ini berhasil menyentuh angkat USD 91,5 juta, yang berarti “Avengers: Endgame” berada 92% di atas “Star Wars: The Force Awakens” yang sebelumnya memegang rekor tersebut.

Baca juga :  Pakai Bikini, Ayu Ting Ting Tuai Cibiran Lagi

11. Penjualan Terbesar dalam Format 3D

Seri terakhir “The Avengers” ini rupanya mampu mengantongi sekitar USD 540 juta dari penjualan tiket format 3D secara global. Hasil ini tentunya hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan “Avengers: Infinity War” yang meraup USD 366 juta dalam jangka waktu serupa.

12. Film dengan Lokasi Pemutaran Terbanyak di Amerika Utara

“Avengers: Endgame” rupanya diputar di 4662 bioskop yang tersebar di Amerika Utara saja pada pekan pembukaannya. Jumlah ini mengalahkan “Despicable Me 3” yang sebelumnya diputar di 4529 lokasi pada pekan debutnya.

Di sisi lain, namun pencapaian ini tetap di luar dugaan, terutama karena catatan tersebut didapat dari pembukaan box office, meskipun “Avengers: Endgame” telah diprediksi akan sukses besar. Disebutkan, rumor dan desas-desus seputar film ini turut membantu menambah semangat publik mendukung para Avengers. Dengan rekor-rekor ini, sejumlah analis berpendapat bahwa seri lanjutan “Avengers: Infinity War” tersebut akan dengan mudah melampaui total USD 2 miliar (sekitar Rp 28,6 triliun).

(Png – sisidunia.com)