Home » Gaya Hidup » Beberapa Tips Atasi Diabetes

Beberapa Tips Atasi Diabetes



Jakarta – Indonesia menduduki peringkat ke-6 negara yang memiliki orang dengan diabetes terbanyak di dunia.

Beberapa Tips Atasi Diabetes

Beberapa Tips Atasi Diabetes

Tapi upaya mengurangi terjadinya diabetes dapat dilakukan, meski hingga saat ini diabetes belum ditemukan obatnya.

Dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktik di Rumah Sakit Umum Bhakti Asih, Jakarta, Dr Bhanu, menjabarkan pencegahan dini diabetes, khususnya diabetes tipe 2:

1. Siapkan makanan dari rumah

Umumnya makanan yang dibeli di luar memakai minyak yang dipakai berulang-ulang dan bumbu-bumbu yang tidak sehat.

“Salah satu yang bisa saya sarankan (untuk menghindari makanan tidak sehat) siapkan makanan dari rumah,” kata Dr. Bhanu.

2. Olahraga yang cukup

“Satu hal yang saya respect dari Jackie Chan adalah apapun yang dia makan dia akan imbangi dengan olahraga. Misalkan dia makan satu es krim, dia akan lari nambah 10 menit dari biasanya,” kata dr. Bhanu memberikan contoh pentingnya berolahraga untuk membakar kalori.

“Satu hal lagi. Olahraga adalah suatu kegiatan ritmik dan berulang. Jadi kalo kita beranggapan ‘Saya udah jalan jauh, itu udah keitung olahraga’ itu salah, karena itu bukan kegiatan ritmik. Kalo saya makannya juga ngaco, tetap aja bakal kena penyakit suatu hari,” katanya.

3. Atur pola makan

dr. Bhanu memaparkan salah satu faktor diabetes tipe 2 dapat timbul adalah karena obesitas atau kelebihan berat badan.

4. Ikuti keinginan hati

“Ingat yang kita suka juga, jangan memaksa melakukan hal-hal yang tidak disuka. Kalau dipaksa, kita tinggal tunggu kapan dia bakal jatuh ke dalam depresi, akhirnya berontak, engga mau ke dokter lagi, engga mau minum obat lagi, ya akhirnya makin memburuk. Jadi ikuti keinginan hati juga.” ujarnya.

Empat saran ini disampaikannya pada Press Launch Web Series “JANJI” yang diselenggarakan oleh Tropicana Slim di Sudestada Grill, Bar & Cafe, Menteng, Jakarta Pusat.

(Png – sisidunia.com)