Home » Gaya Hidup » Beberapa Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Perut

Beberapa Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Perut



Jakarta – Dapat mengganggu dan berdampak negatif pada kesehatan tubuh, lemak perut yang menumpuk. Lemak berlebih di perut ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Beberapa Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Perut

Beberapa Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Perut

Professor Huntingdon College Michele Olson menjelaskan mengapa lemak perut mudah terbentuk.

“Karena adanya perubahan hormon, stres, kurang tidur atau mungkin kehamilan, membuat lemak yang ada pada perempuan seringkali tersimpan di area perut,” kata Michele Olson.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan lemak perut dengan mudah. Melansir laman Health, inilah cara mudah untuk menghilangkan lemak perut:

1. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Jika Anda sering mengkonsumsi makanan kemasan maka akan sulit untuk menghilangkan lemak perut. Makanan kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi. Kandungan gula ini justru dapat meningkatkan jumlah lemak di perut sehingga meningkatkan berat badan, inflamasi dan risiko terhadap penyakit sejenis.

Anda dapat menggantinya dengan makanan sehat seperti bubur gandum, kentang, alpukat dan buah jeruk. Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi makanan ini akan menurunkan jumlah lemak di perut.

2. Kurangi konsumsi alkohol dan minuman berkarbonasi

Alkohol memiliki kandungan 7 kalori per gram. Hampir setara dengan lemak, yakni 9 lemak per gram. Saat dikonsumsi alkohol juga diserap secara cepat oleh tubuh dan justru memungkinkan berat badan naik.

Selain itu konsumsi minuman berkarbonasi juga harus dibatasi karena dapat menyebabkan kembung. Anda sebaiknya mengkonsumsi air putih. Air putih dapat bertindak sebagai penahan rasa lapar serta juga dapat menurunkan kembung.

3. Olahraga

Olahraga dapat menurunkan jumlah lemak di perut. Kuncinya adalah dengan berolahraga secara intensif. Jenis olahraga yang tepat seperti olahraga angkat beban, kardio atau olahraga yang memiliki gerakan yang menargetkan otot perut.

4. Pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup

Kekurangan tidur akan meningkatkan hormon rasa lapar secara drastis. Hormon ini akan meningkatkan ghrelin yang menstimulasi rasa lapar. Studi juga menunjukkan bahwa saat tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, maka tubuh akan lebih menginginkan makanan kemasan.

Pastikan Anda tidur paling tidak tujuh hingga delapan jam setiap malam. Jika memungkinkan, tidurlah pada waktu yang sama setiap malam. Salah satu studi menemukan bahwa perempuan yang melakukan hal tersebut dan tidur 8 jam per malam akan memiliki jumlah lemak tubuh lebih rendah.

5. Rileks

Stres dapat merusak kesehatan tubuh. Tubuh akan selalu merespon hal-hal yang terjadi. Sebuah studi dalam Psychosomatic Medicine mengatakan bahwa stres memiliki dampak pada kenaikan berat tubuh.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa perempuan rentan terhadap efek dari stres, sehingga lemak perut meningkat lebih cepat. Dalam studi Psychoneuroendocrinology juga dikatakan bahwa perempuan seringkali mengonsumsi makanan manis saat merasa stres. Itulah mengapa rileks diperlukan.

Studi pada tahu 2011 dalan Journal of Obesity juga menunjukkan bahwa perempuan yang mengalami penurunan stres biasanya dapat menurunkan jumlah lemak perut lebih banyak. Anda dapat melakukan yoga atau jenis meditasi lainnya. Pilihlah teknik yang cocok untuk Anda sehingga Anda akan merasa nyaman untuk melakukannya.

(Png – sisidunia.com)