Home » Gaya Hidup » Berikut Manfaat Pisang Yang Terlalu Matang

Berikut Manfaat Pisang Yang Terlalu Matang



Jakarta – Pisang yang terlalu matang memang tak enak dipandang. Namun, pisang yang sudah terlalu matang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Berikut Manfaat Pisang Yang Terlalu Matang

Ilustarsi

Pisang dengan bintik-bintik hitam punya kandungan nutrisi yang baik. Menurut Cornell University College of Human Ecology. Pisang mengandung potasium, mangan, serat, vitamin C, B6 dan biotin.

Baca juga : Awas Risiko Kanker Kerongkongan Ketika Minum Teh Terlalu Panas

Buah ini membantu mencegah asma, kanker, tekanan darah tinggi dan masalah pencernaan. Sehingga ketika Anda menemukan pisang yang sudah terlalu matang sebaiknya jangan dibuang.

Berikut ini beberapa manfaat dari konsumsi pisang matang yang dilansir dalam Boldsky (22/03).

1. Mencegah kerusakan sel

Pisang yang sudah matang mengandung antioksidan. Antioksidan sangat penting dibutuhkan oleh tubuh untuk menangkal penyakit. Selain pisang, antioksidan juga bisa didapatkan dalam buah-buahan. Sehingga ketika Anda rutin mengonsumsi pisang maka ini akan menunda kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Menurunkan tekanan darah

Pisang yang terlalu matang justru lebih banyak mengandung kalium dan rendah natrium. Konsumsi pisang matang yang teratur dapat membantu dalam mengatur aliran darah yang tepat dan membersihkan segala penyumbatan arteri.

Ini dapat membantu cegah stroke dan serangan jantung karena sistem peredaran darah Anda berfungsi secara efisien.

3. Redakan sembelit

Pisang kaya akan serat. Pisang yang terlalu matang dapat menjadi penolong saat Anda sembelit. Mereka mengatur pergerakan usus Anda sehingga membuatnya lebih mudah bagi limbah untuk keluar dari sistem pencernaan Anda.

4. Sumber energi

Makan dua buah pisang matang dapat memberikan energi yang cukup untuk olahraga selama 90 menit. Buah pisang ini selain bisa dimakan langsung, akan tetapi juga dapat dibuat menjadi smoothies atau dipanggang bersama dengan roti gandum.

5. Cegah anemia

Selain mengonsumsi makanan tinggi zat besi seperti bayam dan hati ayam. Pisang juga disebut-sebut dapat mencegah anemia. Makan pisang matang secara alami dapat membantu tingkatkan kadar sel darah merah.

Hal ini juga bisa dikaitkan dengan kandungan vitamin C yang ada di dalam pisang. Sehingga lebih mudah untuk diserap tubuh.

(Png – sisidunia.com)