Home » Sport » Portugal Raih Hasil Seri saat Bertemu Ukraina

Portugal Raih Hasil Seri saat Bertemu Ukraina



Ukraina – Tidak berjalan dengan mulus, permulaan Portugal di babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Kala menjamu Ukraina di Estadio da Luz pada Sabtu (23/3) dini hari tadi, skuat besutan Fernando Santos tersebut hanya mampu bermain imbang 0-0.

Portugal Raih Hasil Seri saat Bertemu Ukraina

Portugal Raih Hasil Seri saat Bertemu Ukraina

Pasca mengalami kegagalan pada ajang Piala Dunia 2018 lalu, ini adalah laga pertama Cristiano Ronaldo di pentas internasional. Seperti yang diketahui, ia menolak serangkaian panggilan lantaran tengah fokus dalam proses adaptasi dengan klub barunya, Juventus.

Peraih lima Ballon d’Or tersebut melakukan berbagai upaya untuk mengantar Portugal meraih kemenangan. Sayangnya, performa apik kiper Ukraina, Andriy Pyatov, membuat gawang Ukraina bebas dari gol-gol Portugal.

Portugal mendapatkan perlawanan yang cukup sengit dari Ukraina di laga kali ini. Peluang pun baru benar-benar terjadi pada menit ke-16 melalui kaki Pepe, yang melepaskan tembakan kaki kiri ke gawang Portugal. Sayang masih bisa diselamatkan oleh sang kiper, Andriy Pyatov.

Gawang Ukraina bergetar. William Carvalho berhasil mencetak gol untuk Portugal di menit ke-17. Namun hakim garis masih cukup jeli dalam melihat posisi pemain Real Betis itu yang telah terjebak offside, sehingga gol pun dinyatakan tidak sah. Skor masih 0-0.

Dalam rentang waktu empat menit saja, Cristiano Ronaldo mendapat dua peluang emas. Pada menit ke-24, tembakan mendatar Ronaldo masih bisa diselamatkan oleh Pyatov. Kiper Shakhtar Donetsk itu lalu kembali menahan gempuran Ronaldo pada menit ke-28.

Portugal masih mendominasi babak pertama. Namun karena ketatnya pertahanan Ukraina, gol pun urung tercipta. Skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pyatov membuktikan kualitasnya dengan menahan gempuran serangan Portugal, dan kembali mengulanginya pada menit ke-57. Peluang datang dari Andre Silva yang melepas tembakan dari sudut kotak penalti, namun Pyatov cukup sigap untuk menghalaunya.

Portugal tampak mendominasi permainan. Hingga menit ke-70, penguasaan bola mereka telah mencapai 58 persen. Bahkan mereka juga berhasil melepaskan enam tembakan yang dua di antaranya berhasil menemui sasaran. Hanya saja, belum ada gol yang tercipta.

Baca juga :  Inggris Menggunduli Republik Ceko dengan Skor 5-0

Ukraina sempat menebar ancaman pada menit ke-86, di tengah dominasi tersebut. Yevhen Konopyanka sempat membuat pendukung tuan rumah terhenyak setelah tembakan dari jarak jauhnya berhasil ditahan oleh Rui Patricio!

Bola yang lepas lalu coba disambar oleh Junior Moraes, yang baru masuk pada menit ke-76. Namun Ruben Dias berhasil membaca pola pikir pemain Ukraina tersebut dan berhasil menjauhkan bola dari kakinya! Bola keluar dan menghasilkan sepak pojok untuk Ukraina.

Drama sempat terjadi pada menit-menit akhir, tepatnya setelah Dyego Sousa terjatuh di kotak terlarang Ukraina. Para pemain Portugal menuntut wasit menunjuk titik putih, ia tak melihatnya sebagai pelanggaran. Alhasil, skor imbang 0-0 pun bertahan hingga akhir pertandingan.

(Png – sisidunia.com)