Home » Gaya Hidup » Ciri-ciri Penyakit Tetanus yang Bisa Berujung Kematian

Ciri-ciri Penyakit Tetanus yang Bisa Berujung Kematian



Jakarta – Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan kematian ialah penyakit tetanus. Penyakit tetanus sendiri dikenal pula dengan istilah lockjaw. Penyakit tetanus ini bisa menginfeksi sistem urat saraf dan juga otot. Hal ini mengakibatkan saraf dan juga otot menjadi kaku.

Ciri-ciri Penyakit Tetanus yang Bisa Berujung Kematian

Ciri-ciri Penyakit Tetanus yang Bisa Berujung Kematian

Penyakit tetanus sendiri bisa terjadi karena adanya racun yang tersebar dalam jaringan sistem saraf. Selain itu, bakteri penyebab dari penyakit tetanus ini pun cukup berbahaya. Salah satunya ialah Cloctridium tetani. Tentu saja saat kamu terkena penyakit tetanus ini, lebih baik untuk segera mengatasinya dengan obat dan periksa pada dokter ahli.

Maka bisa mengakibatkan kematian apabila racun yang diakibatkan oleh tetanus ini tersebar. Penyakit tetanus ini bukan hanya bisa menyerang orang dewasa saja. Akan tetapi pada bayi yang baru lahir pun bisa terkena penyakit tetanus.

Selain itu, agar penyakkit tetanus ini tidak tersebar dan juga menular, kamu pun bisa melakukan suntik vaksin tetanus untuk mencegahnya. Agar kamu bisa lebih waspada terhadap penyakit tetanus ini, kamu perlu mengetahui ciri-cirinya.

Penyakit tetanus ini bisa terjadi pada orang dewasa, bahkan juga pada bayi yang baru lahir. Penyakit tetanus ini diakibatkan oleh bakteri Clostridium tetani yang masuk bisa masuk dalam tubuh akibat dari luka yang terdapat pada kulit.

Di mana kemudian bakteri ini akan mengeluarkan racun tetanospasmin yang bisa menyerang saraf dan juga otot. Bakteri dari penyakit tetanus ini banyak ditemui pada tanah, debu ataupun pada kotoran hewan.

Gejala dari penyakit tetanus ini pun tidak muncul begitu saja. Gejala penyakit ini bisa terjadi saat 4 hingga 12 hari setelah kamu terinfeksi bakteri penyakit tetanus.

Beberapa ciri-ciri penyakit tetanus ini pun bisa menjangkit kamu. Oleh karena itu, jika mengalami ciri-ciri penyakit tetanus ini sebaiknya segara dilakukan penanganan dan menemui dokter. Berikut ini ciri-ciri dari penyakit tetanus yang bisa terjadi pada kamu:

1. Demam tinggi dan pusing

Penyakit yang disebabkan karena infeksi dari bakteri ini pun menyebabkan kamu demam tinggi dan juga mengalami pusing. Gejala deman dan pusing ini memang termasuk gejala umum yang bisa kamu rasakan saat sakit.

2. Kejang-kejang

Ciri-ciri terkena penyakit tetanus lainnya ialah kejang-kejang saat demam tinggi. Jika demam yang kamu rasakan cukup parah memang bisa mengakibatkan kehilangan kesadaran. Namun untuk penyakit tetanus ini, kamu bisa mengalami kejang-kejang saat demam. Bukan hanya karena demam saja, tapi kejang ini pun bisa dikarenakan suara bising, cahaya ataupun sentuhan. Kejang yang akan kamu alami ini pun berlangsung selama beberapa menit.

3. Jantung berdebar

Jantung yang berdebar ini pun bisa terjadi karena kerja dari jantung yang cukup berlebih. Hal ini bisa disebabkan bila tubuh kamu telah terinfeksi maka aliran darah pun tidak normal. Sehingga jantung pun harus bekerja lebih kuat untuk membuat aliran darah tetap normal.

4. Keluar keringat berlebih

Keringat berlebih ini pun bisa menjadi salah satu ciri kamu terserang penyakit tetanus.

5. Tegang adan kaku otot

Kaku otot ini bisa kamu rasakan apda bagian rahang, leher dan juga perut. Hal ini tentu saja menjadi ciri khusus bila kamu terserang penyakit tetanus. Karena memang penyakit tetanus ini menyebabkan otot menjadi kaku.

(Png – sisidunia.com)