Home » Gaya Hidup » Beberapa Tanda-tanda Ketika Kekurangan Darah

Beberapa Tanda-tanda Ketika Kekurangan Darah



Jakarta – Bisa jadi merupakan gejala kurangan darah, sering lelah, pusing dan sulit berkonsentrasi. Atau sebuah penyakit yang dikenal dengan sebutan Anemia. Hal ini terjadi karena kondisi jumlah sel darah merah lebih rendah dari normal.

Beberapa Tanda-tanda Ketika Kekurangan Darah

Beberapa Tanda-tanda Ketika Kekurangan Darah

Nilai normal sel darah merah atau yang disebut dengan Hemoglobin ini pada wanita rata-rata 12-14g/dl. Sedang pada laki-laki 13-17g/dl. Apabila jumlah Hemoglobin ini berkurang pada tubuh maka akan menyebabkan aliran oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh ini berkurang.

Hal inilah yang nantinya menyebabkan organ-organ pada tubuh tidak berkerja tidak sebagaimana mestinya.

Kekurangan darah adalah penyakit yang seringkali tidak disadari karena gejala penyakitnya seperti penyakit ringan yang sering terjadi pada tubuh. Apabila ini disadari tentu akan cepat dalam penyembuhannya

Gejala Kurang Darah Yang Sering Terjadi :

1. Mudah Lelah

Gejala kurang darah adalah mudah dan sering kelelahan. Ini menjadi hal yang paling umum terjadi apabila tubuh mengalami gejala kurang darah.

Karena sel darah merah tidak bisa menyalurkan darah ke seluruh tubuh secara maksimal, namun kekurangan darah tidak bisa hanya dipastikan dengan mudah lelah, karena kelelahan bisa terjadi karena banyak faktor.

2. Sulit Berkonsentrasi

Agar berfungsi dengan baik, seluruh organ pada tubuh manusia membutuhkan asupan oksigen. Hal ini dilakukan oleh sel darah untuk mengalirkan oksigen pada tubuh.

Apabila oksigen yang yang dibutuhkan pada tubuh berkurang, dapat mengakibatkan kinerja otak berkurang yang dapat mengganggu proses berfikir dan berkonsentrasi

Baca juga :  Ciri-ciri Penyakit Tetanus yang Bisa Berujung Kematian

3. Pusing

Selain kelelahan, pusing tejadi pada orang yang mengalami gejala kurang darah. Karena menurunnya jumlah sel darah yang ada, mengakibatkan jumlah oksigen yang mengalir pada tubuh berkurang dan mengganggu fungsi organ-organ tubuh.

Hal yang dirasakan ketika pusing adalah perasaan limbung, seakan mau pingsan dan berkurangnya keseimbangan.

4. Kulit Pucat

Ketika tubuh tidak mendapatkan konsumsi oksigen yang cukup, dapat menyebabkan kulit pada tubuh berubah menjadi pucat, kulit yang sering terdampak tidak hanya pada wajah.

(Png – sisidunia.com)