Home » Gaya Hidup » Beberapa Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh



Jakarta – Minyak ikan merupakan salah satu suplemen yang banyak diminati. Hal ini karena kandungan omega 3 yang berdampak besar bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi tiga gram minyak ikan akan membuat kamu terbebas dari kolesterol, pusing, dan mual.

Beberapa Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Minyak Ikan Bagi Kesehatan Tubuh

Namun memang terbukti membawa manfaat bagi kesehatan, mengonsumsi minyak ikan bukanlah tren semata. Yang membuatnya spesial adalah kandungan omega 3, yang bersumber dari beberapa macam ikan seperti tuna, salmon, hering, sarden, makarel, dan hati ikan kod.

Minyak ikan dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan secara langsung atau dalam bentuk suplemen. Terdapat dua jenis asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam minyak ikan, yaitu docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).

Tuna, salmon, sarden, dan makarel adalah contoh-contoh ikan yang kaya dengan kandungan asam lemak omega 3. Tiap 100 gram dari ikan-ikan ini mengandung kurang lebih 1 gram asam lemak omega 3. Berikut manfaat minyak ikan dari berbagai sumber, Minggu (17/2/2019).

1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minyak ikan adalah mencegah penyakit jantung, artritis dan beberapa jenis kanker. Hal ini karena minyak ikan dapat melancarkan peredaran darah, sehingga Anda akan terhindar dari serangan jantung.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Mengonsumsi minyak ikan secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang kamu hingga usia tua. Sebab manfaat minyak ikan untuk meningkatkan kepadatan mineral tulang.

3. Menjaga otak berada pada kondisi sempurna

Manfaat minyak ikan ternyata memiliki pengaruh besar terhadap kesehatan mental. Nutrisi yang terkandung pada minyak ikan dapat menjaga fungsi hormon aktif, seperti serotonin dan dopamin. Kedua hormon ini membuat kamu terhindar dari penyakit otak seperti demensia, skizofrenia, dan Alzheimer.

4. Meningkatkan pembakaran lemak dari dalam tubuh

Penelitian yang dilakukan di University of South Australia telah menemukan bahwa mengkonsumsi minyak ikan yang bersamaan dengan aktivitas olahraga akan berhasil menurunkan lemak.

Selama penelitian tersebut dilakukan, mereka yang mengalami kelebihan berat badan biasanya akan menyerap omega 3 lebih banyak. Bagian tubuh yang menyimpan lemak tersebut, khususnya perut, secara signifikan akan berkurang pada mereka yang melakukan aktivitas olahraga dan dibarengi konsumsi minyak ikan.

5. Baik untuk anak-anak

Memberikan minyak ikan pada anak membawa manfaat besar terhadap tumbuh kembangnya. Kandungan omega 3 yang terkandung pada minyak ikan dapat meningkatkan koordinasi sistem organ pada bayi baru lahir. Selain itu, manfaat minyak ikan dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak, serta menghindarkan gangguan perkembangan otak, seperti hiperaktif.

(Png – sisidunia.com)