Home » Gaya Hidup » Beberapa Cara Menghilangkan Pusing Kepala dengan Bahan Alami

Beberapa Cara Menghilangkan Pusing Kepala dengan Bahan Alami



Jakarta – Sakit kepala atau pusing tentu pernah dialami oleh hampir semua orang. Banyak hal yang bisa memicu sakit kepala seperti telat makan, kurang tidur, atau mengalami stres berat. Bagi sebagian orang, pusing terlihat sebagai penyakit yang tidak serius.

Beberapa Cara Menghilangkan Pusing Kepala dengan Bahan Alami

Beberapa Cara Menghilangkan Pusing Kepala dengan Bahan Alami

Pusing tentu tidak bisa diremehkan begitu saja, meski tidak serius. Pusing kepala bisa membuat aktivitas Anda menjadi terhambat karena susah untuk berkonsentrasi. Sakit kepala atau pusing sering diabaikan karena dianggap sebagai keluhan biasa. Pusing bisa membuat kegiatan sehari-hari menjadi menyedihkan dan memaksa Anda untuk langsung mengonsumsi aspirin.

Jika sering minum aspirin dalam jumlah banyak, dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh karena itu, jangan mudah menghilangkan pusing kepala dengan menggunakan obat-obatan berbahan kimia.

Yang Anda lakukan hanyalah menekan gejala dan mengabaikan masalah sebenarnya yang memicu sakit kepala, ketika Anda mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Namun siapa sangka, dengan mengonsumsi obat dari bahan alami ternyata sangat efektif.

Walaupun proses penyembuhannya membutuhkan waktu, cara menghilangkan pusing kepala dengan bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping pada tubuh. Berikut cara menghilangkan pusing kepala dengan bahan alami dilansir dari Food Matters, Selasa (26/2/2019).

1. Perbanyak Konsumsi Air

Tinggalkan obat dan segeralah ambil segelas air. Para ilmuwan telah menemukan bahwa dengan minum air secara teratur, dapat mengurangi gejala sakit kepala yang parah dan membantu mengurangi untuk mengonsumsi obat.

Penyebab pusing kepala salah satunya adalah dengan kurangnya asupan air untuk tubuh Anda. Kopi, alkohol, minuman manis, semuanya dapat membuat Anda dehidrasi dan itu harus dihindari. Cukup lengkapi kebutuhan air pada tubuh Anda dengan mengonsumsi banyak air. Hindari mengonsumsi obat saat sedang pusing dan perbanyak minum air untuk meredakannya.

2. Konsumsi Kacang Almond

Daripada mengonsumsi obat yang menyebabkan Anda semakin ketergantungan saat pusing kepala melanda, lebih baik mengonsumsi beberapa kacang almond. Ya, almond dapat menjadi obat alami dan alternatif yang lebih sehat daripada mengonsumsi obat.

Almond mampu menghilangkan rasa sakit, karena mengandung salicin. Anda bisa coba mengonsumsi beberapa kacang almond saat sedang pusing. Karena cara menghilangkan pusing kepala ini sangat baik dibandingkan dengan mengonsumsi obat.

3. Uap dengan Cuka Apel

Siapa sangka, ternyata cuka sari apel memiliki sejarah panjang dalam pengobatan alami. Penggunaan bahan ini untuk menghilangkan segala sesuatu dari penyakit seperti demam dan hampir semua penyakit lainnya.

Beberapa penelitian modern telah membuktikan keefektifannya dalam mengobati penyakit-penyakit tertentu. Jadi, kalau Anda merasakan pusing kepala yang berdenyut-denyut, coba berikan cuka apel ini.

4. Renggangkan, Santai, dan Bernapas

Saat Anda sedang menghadapi kegiatan yang super padat, tak jarang pikiran dan tubuh Anda bekerja terlalu keras yang akhirnya menimbulkan otot-otot menegang. Hal ini akan menyebabkan nyeri pada bagian titik tubuh Anda dan akhirnya menyebabkan pusing.

Kalau sudah begitu, Anda bisa mencoba meringankan sakit kepala dengan cara menghilangkan pusing dengan yoga, bernapas, dan meregangkan otot. Hal yang mudah salah satunya dengan melakukan bernapas dengan teratur.

Saat sedang pusing kepala, Anda bisa meredakannya dengan mengambil napas dalam-dalam, penuh, yang dimulai dari diafragma kemudian paru-paru. Hal ini akan membuat oksigen segar beredar melalui darah Anda dan juga akan membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

5. Oleskan Minyak Peppermint

Minyak peppermint memiliki efek menenangkan yang luar biasa saat Anda sedang mengalami pusing. Mampu membantu mengurangi ketidaknyamanan dan menjernihkan pikiran. Anda bisa melakukannya di berbagai tempat. Kalau Anda memiliki kulit yang sensitif dan mudah iritasi, Anda bisa coba menggunakan minyak peppermint dengan sedikit minyak zaitun dan air.

Cara menghilangkan pusing kepala dengan minyak peppermint adalah dengan memijatkan minyak peppermint ke pelipis, bagian belakang rahang, dan dahi Anda. Anda akan merasakan sensasi dingin saat mengaplikasikannya. Bernapaslah dalam-dalam, dan jika mungkin temukan tempat yang tenang untuk bersantai.

(Png – sisidunia.com)