Home » Gaya Hidup » Beberapa Manfaat Tumbuhan Kecipir Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Tumbuhan Kecipir Untuk Kesehatan



Jakarta – Kecipir merupakaan salah satu tumbuhan merambat yang dapat dikonsumsi sebagai santapan lezat. Kecipir merupakan tumbuhan tropis yang dapat ditemui di seluruh Indonesia.

Beberapa Manfaat Tumbuhan Kecipir Untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat Tumbuhan Kecipir Untuk Kesehatan

Daun, biji, umbi dan bunga dari kecipir dapat dikonsumsi, sehingga tidak ada bagian tanaman yang terbuang. Akar dari tumbuhan ini memiliki rasa yang mirip dengan kentang, ada yang mengatakan bahkan lebih baik daripada kentang. Daunnya bisa dimakan seperti bayam dan bijinya bisa dikonsumsi seperti kedelai.

Dalam 100 gram kecipir mentah mengandung energi 409 kkal, asam pantotenat 0,795 miligram, riboflavin 0,45 miligram, dan vitamin B6 0,175 miligram.

Kecipir juga memiliki kandungan antioksidan kuat, dari membantu penurunan berat badan hingga mencegah penuaan dini. Kecipir adalah sumber folat yang luar biasa memiliki manfaat luar biasa untuk wanita hamil dan janinnya.

Berikut beberapa manfaat winged bean atau kecipir bagi kesehatan yang belum banyak diketahui orang saat ini, dilansir dari Boldsky.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh dan anti peradangan

Kecipir kaya akan vitamin C dan vitamin A. Mengkonsumsi kacang-kacangan ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan dengan demikian tubuh Anda tidak akan mudah kemungkinan infeksi dan penyakit. Vitamin C dalam kecipir berperan sebagai pelindung, penangkal penyakit dan menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Mengonsumsi kecipir dapat membantu mengurangi peradangan. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh mineral dalam kecipir bekerja untuk menghilangkan keseleo atau pembengkakan yang disebabkan oleh peradangan.

Hal ini dapat bermanfaat bagi orang yang menderita radang sendi, karena dapat membantu mengobati defisiensi superoksida dismutase (SOD) atau faktor yang menyebabkan peradangan tersebut.

2. Membantu penurunan berat badan

Kecipir memiliki kandungan rendah kalori. Ia juga memiliki serat berlebih yang membantu penurunan berat badan yang sehat. Serat tinggi dan kalori rendah membantu membuat Anda merasa kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan ngemil terus-menerus yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Menurut penelitian, kandungan tiamin dalam kecipir diketahui dapat mencegah masalah terkait penglihatan. Konsumsi kecipir secara teratur membantu mencegah timbulnya masalah seperti glaukoma dan katarak.

Tiamin memiliki kemampuan untuk meningkatkan pensinyalan otot dan saraf, yang sangat penting dalam hubungan antara mata dan otak Anda.

Baca juga : 3 Jenis Makanan yang Dikira Sehat Ternyata Tidak

4. Bermanfaat bagi kehamilan

Kecipir kaya akan sumber folat alami. Dengan mengonsumsi kecipir dengan porsi yang pas akan bermanfaat selama kehamilan. Hal ini karena kandungan kecipir dapat membantu mendukung persalinan yang sehat dan menghindari timbulnya cacat saraf pada bayi.

Dengan kandungan folat dan sumber zat besi yang tinggi dalam kecipir bermanfaat karena mengurangi risiko anemia pada ibu dan mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah.

(Png – sisidunia.com)