Home » Gaya Hidup » Berikut 6 Tips Mandi Yang Benar

Berikut 6 Tips Mandi Yang Benar



Jakarta – Mandi merupakan kegiatan yang sangat menyegarkan untuk tubuh. Ketika kita merasa lelah beraktivitas sehari-hari terkena panas matahari, polusi serta debu, dengan mandi kita bisa mengembalikan energi yang telah hilang.

Amankah Wanita Melakukan Mastubasi di Dalam Bak Mandi ?

Ilustrasi

Di sisi itu, ternyata masih banyak lo orang-orang yang salah kaprah ketika mandi. Bukannya mendapatkan kulit yang lembab dan bersih. Kulitmu justru mengalami kering dan muncul sejumlah keluhan lain seperti kulit merah dan bersisik.

Baca juga : Berikut Ini Cara Agar Tikus Tidak Masuk Rumah Lagi

Oleh karena itu, kamu perlu perhatikan beberapa kebiasaan mandimu secara baik dan benar. Berikut ini merupakan enam kesalahan mandi yang justru dapat merusak kulit.

1. Terlalu banyak menggunakan sabun

Apapun yang berlebihan memang tidak baik. Tapi saat mandi agar membuat kulit kita bersih dan wangi, kerap kali kita menggunakan sabun secara berlebihan.

Tak hanya boros, tindakan ini dapat membuat kandungan minyak alami yang dihasilkan kulit untuk melindungi tubuh dapat berkurang. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan sabun mandi secara wajar.

2. Terkena air panas secara langsung

Mandi air panas dipercaya dapat mengeluarkan toksin pada tubuh. Berendam di air panas juga sangat nyaman dan memberikan efek relaksasi pada tubuh yang lelah. Tetapi kamu perlu berhati-hati untuk tidak langsung mencelupkan atau membasahi tubuhmu dengan air panas secara langsung.

Biarkan tubuh sedikit basah terlebih dahulu dengan air, atau sesuaikan air panas agar tak melukai kulit. Setelah itu kamu bisa mencelupkan diri dan mandi dengan air panas.

Kulit merah, kering, dan mengelupas kemungkinan besar dapat terjadi jika kulitmu langsung terkena air panas yang belum disesuaikan.

3. Mengeringkan tubuh secara berlebihan

Hal yang terpenting setelah mandi ialah kelembapan pada kulit. Sisa air setelah mandi pada kulit tak hanya melembabkan sekaligus juga mencegah kerutan, serta membuat kulit menjadi halus dan sehat.

Jadi, jangan langsung cepat-cepat dikeringkan dengan handuk. Sesuaikan jangka waktu setelah mandi dan mengeringkan tubuh, kalau terlalu lama hati-hati dapat membuatmu masuk angin.

4. Jangan terlalu lama di dalam shower

Mandi dengan air pancuran atau shower memang menyenangkan dan menyegarkan. Sayangnya jangan telalu lama di dalam shower karena dapat membuat kulitmu menjadi kering dan memberikan sensasi gatal pada kulit. Oleh karena itu, pastikan paling lama mandi selama 10 menit di dalam shower.

5. Membersihkan rambut setiap hari

Mengatasi ketombe dan rambut rontok bisa dilakukan di rumah dengan cara simpel, lho. Gimana caranya?
Rambut lepek dan berminyak, ditambah dengan kototran dan debu memang sangat mengganggu. Bagi sejumlah orang, keramas setiap hari mungkin jadi salah satu cara untuk membersihkan hal tersebut.

Sayangnya menurut pakar kesehatan, hal ini tak dianjurkan. Mereka justru menyuruh banyak orang untuk keramas dua kali seminggu untuuk menjaga keseimbangan dan kelembapan rambut.

6. Menggunakan alat pembersih tubuh dalam jangka waktu yang lama

Konjac sponge, yang terbuat dari akar tumbuhan konjac, bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan kebersihan kulit wajah.
Sponge busa yang kerap digunakan sepertinya selalu terlihat bersih dan bagus. Sayangnya kamu juga harus memikirkan seberapa lama kamu memakai alat-alat tersebut untuk tubuhmu.

Jika telalu lama digunakan, dapat menyimpan banyak bakteri di dalamnya. Itulah sebabnya, kamu harus mengganti pembersih tubuh seperti sikat tubuh ataupun busa pembersih minimal sebulan sekali.

(Png – sisidunia.com)