Home » Hiburan » Berikut Beberapa Fakta Ahmad Dhani

Berikut Beberapa Fakta Ahmad Dhani



Jakarta – Atas tindak pidana kasus ujaran kebencian, Ahmad Dhani divonis 1,5 tahun penjara. Dhani kini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cipinang.

Berikut Beberapa Fakta Ahmad Dhani

Ahmad Dhani

Ada beberapa fakta tentang Ahmad Dhani. Berikut 6 faktanya.

1. Dibelikan Keyboard

Saat masih muda, Dhani dibelikan ayahnya, Eddy Abdul Manaf bin Rusta Sastra Atmadja, keyboard. Dhani juga diikutkan les musik klasik.

Ayah Dhani merupakan seorang diplomat berdarah Sunda, Jawa Barat. Sementara Joyce Theresia Pamela Kohler, warga Indonesia keturunan Jerman.

2. Pendiri Dewa 19

Dhani merupakan pendiri dan pemimpin grup musik Dewa 19. Dia mendirikan Dewa 19 bersama 3 orang sahabatnya Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso pada tahun 1986.

Dhani semula berada jalur rock. Kemudian dia mencoba jalur musik jazz yang kemudian nama Dewa berubah menjadi Downbeat.

Namun akhirnya Dhani kembali ke jalur rock dan mengibarkan bendera Dewa 19 dengan tambahan Ari Lasso. Band ini salah satu yang paling sukses sepanjang dekade 1990 dan 2000.

Album perdana Dewa 19 pada 1992 melejit dengan sejumlah hits seperti ‘Kangen’ dan ‘Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi’. Album ini tercatat sebagai album terlaris 1993 dan Dewa dianugerahi sebagai pendatang baru terbaik.

Album lainnya yang telah dirilis yaitu Dewa 19 (1992), Format Masa Depan (1994), Terbaik Terbaik (1995), Pandawa Lima (1997), The Best Of Dewa 19 (1999), Bintang Lima (2000), Cintailah Cinta (2002), Atas Nama Cinta I & II (2004), Laskar Cinta (2004), Republik Cinta (2006), dan Kerajaan Cinta (2007). Sampai kini Dewa 19 masih tetap eksis.

3. Orbitkan Penyanyi dan Grup Musik

Ahmad Dhani telah mengorbitkan penyanyi dan grup musik. Dia juga merupakan pendiri dan pimpinan dari Republik Cinta Management.

Pada 1999, ia melahirkan Ahmad Band, dengan tembang ‘Bidadari di Kesunyian’ dan ‘Aku Cinta Kau Dan Dia’. Selain itu Dhani juga menjadi memproduseri artis lain selain Dewa 19.

Dhani juga mengorbitkan penyanyi R&B Reza Artamevia dengan memproduseri dua albumnya, Keajaiban pada tahun 1997 dan Keabadian pada tahun 2000.

Dia juga membimbing istrinya Maia untuk membentuk dan membesarkan duo Ratu. Pada tahun 2003, Dhani menjadi salah satu produser di album dewasa pertama Agnez Mo berjudul And the Story Goes pada 2003 dan berduet di lagu ‘Cinta Mati’.

4. Musisi Berpengaruh

Majalah MTV Trax edisi perdana tahun 2002 menobatkan Dhani sebagai salah satu ’25 Musisi/Grup Paling Berpengaruh dalam Musik Indonesia.’ Majalah Rolling Stone juga menobatkan Dhani ke dalam daftar ‘The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa.’

5. Asmara

Dhani menikah dengan Maia Estianty pada tahun 1994. Pernikahan itu dilakukan setelah sekian lama menjalin cinta sejak Dhani masih SMA.

Pernikahan keduanya dikaruniai 3 anak yakni Ahmad Al Ghazali, Ahmad El Jallaludin Rumi, dan Ahmad Abdul Qodir Jaelani. Rumah tangga Dhani dan Maia berakhir di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, pada 23 September 2008.

Pada Agustus 2013, Dhani mengatakan bahwa Saafeya adalah putrinya dengan Mulan Jameela, penyanyi keturunan Garut yang besar di Bandung. Akhirnya Dhani dan Mulan go public atas pernikahan keduanya.

6. Ditahan di Rutan Cipinang

Ahmad Dhani ditahan di Rutan Cipinang setelah divonis bersalah dan dihukum 1,5 tahun penjara dalam kasus cuitan ujaran kebencian terkait SARA. Penahanan ini sesuai dengan amar putusan majelis hakim PN Jaksel.

(Png – sisidunia.com)