Home » Gaya Hidup » Ternyata Begini Cara Semut Menemukan Jalan Benar

Ternyata Begini Cara Semut Menemukan Jalan Benar



New York – Semut (Formicidae) merupakan salah satu serangga yang tidak memiliki hidung. Hal inilah yang hewan berukuran kecil tersebut selalu menggerakkan antenanya setiap melangkah di manapun.

Ternyata Begini Cara Semut Menemukan Jalan Benar

Ilustrasi

Para ilmuwan tahu banyak tentang semut, termasuk kemampuan binatang mungil ini untuk mengikuti jejak aroma sumber makanan mereka. Demikian seperti dikutip dari The New York Post, Rabu (23/1/2019).

Baca juga : Seorang Pria di Belanda Mabuk dan Menelan Ikan Lele Hidup-hidup

Namun, para peneliti di Harvard University ingin mendapatkan pemahaman yang lebih terperinci tentang cara cepat semut mengendus atau merasakan jejak yang ditandai dengan feromon (zat kimia yang dikeluarkan oleh seekor hewan yang memungkinkannya berkomunikasi dengan anggota lain dari jenis yang sama).

Pertama, semut menggunakan antena mereka untuk mengambil isyarat kimia yang ditinggalkan oleh semut lain. Kedua, zat kimiawi yang dikeluarkan semut, sebut saja bau atau rasa atau chemo-reception (sel reseptor sensorik khusus yang mentransduksi –mengubah– zat kimia–(endogen– dan menghasilkan sinyal biologis), memungkinkan gerombolan semut untuk mengikuti jalur lurus, jalur melengkung, bahkan zig-zag.

Untuk melihat bagaimana semut melakukannya, para ilmuwan mencampurkan tinta dan feromon semut, kemudian menggunakan hasilnya untuk mengecat jejak di atas kertas.

Periset mengaturnya sedemikian rupa agar semut melangkah di jalan setapak tersebut. Lalu, para peneliti akan mencatat lusinan gerakan semut selama beberapa jam. Mereka menganalisis melalui video dan mencoba berbagai model komputer tentang perilaku semut.

Apa yang ditemukan oleh Ryan W. Draft dan penasihatnya, Venkatesh N. Murthy, serta peneliti lain adalah bahwa semut memiliki beberapa strategi untuk menemukan jalan mereka. Para ilmuwan mempublikasikan hasilnya dalam Journal of Experimental Biology.

Semua semut menggunakan antena mereka untuk mendeteksi jejak mereka, dari satu sisi ke sisi lain. Salah satu strategi yang mereka gunakan adalah menyelidiki. Seekor semut yang sedang menginvestigasi bergerak perlahan, menjaga antenanya berdekatan.

Tak hanya itu, para peneliti juga menyebut penjelajahan strategi lain: semut bergerak lambat, tetapi mereka mengambil jalan berliku dengan bergerak dari dan kembali ke jejaknya.

(Png – sisidunia.com)