Home » Gaya Hidup » Berikut Penjelasan Kenapa Ketagihan Memakan Keju, Cokelat, Ice Cream

Berikut Penjelasan Kenapa Ketagihan Memakan Keju, Cokelat, Ice Cream



Jakarta – Ternyata bisa dijelaskan secara ilmiah rasa ketagihan usai makan cokelat atau keju. Ada senyawa yang bikin tak bisa berhenti menyantapnya.

Berikut Penjelasan Kenapa Ketagihan Memakan Keju, Cokelat, Ice Cream

Ilustrasi

Beberapa makanan bersifat melepaskan dopamin di otak sehingga bisa munculkan keinginan memakannya terus. Biasanya makanan itu mengandung gula, garam, atau lemak yang tinggi. Reader’s Digest (17/1/2019) mengungkapnya sebagai berikut.

Baca juga : Inilah Kacang-kacangan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

1. Cokelat

Banyak orang mengalami hal sama yaitu tak bisa berhenti ngemil cokelat. Tak heran cokelat disebut-sebut sebagai makanan paling bikin ketagihan di dunia. Rupanya ada alasan ilmiah kenapa cokelat sangat disukai. Penelitian di Drexel University tahun 2011 mengungkap cokelat menghadirkan rasa nikmat yang sama di otak seperti ketika seseorang minum minuman alkohol atau menggunakan beberapa jenis narkoba.

Cokelat juga memuaskan selera sehingga menstimulasi produksi oksitosin yang merupakan hormon bahagia. “Seiring waktu, otak kita mulai mencari asupan dopamin. Setiap kali kita makan cokelat, hal itu semakin kuat,” kata penulis Beating Sugar Addiction for Dummies, Dan DeFigio.

2. Keju

Seperti halnya cokelat, makan keju juga munculkan kepuasan tersendiri. Olahan susu yang tinggi lemak dan kolesterol ini ternyata mengandung casomorphin, zat yang berkaitan dengan reseptor opioid atau perasanyaan nyaman di otak.

“Casomorphin menempel pada neurotransmitter di otak kita dan melepaskan dopamin, bahan kimia yang memunculkan perasaan nyaman atau enak, yang sering membuat kita menginginkan lebih,” kata Neal Barnard selaku penulis The Cheese Trap. Menurutnya konsumsi keju memang memiliki manfaat kesehatan, namun di sisi lain bisa membuat kencanduan serius.

3. Keripik kentang

Pada keripik kentang tak ada senyawa khusus yang membuat seseorang bisa kecanduan, tetapi banyak orang tak bisa berhenti memakannya. Keripik kentang ternyata mengandung karbohidrat. Ahli gizi Celina Jean mengungkap kaitan antara karbohidrat dengan ketagihan seseorang akan keripik enak ini.

“Karbohidrat sederhana dipandang adiktif karena menyebabkan pelepasan glukosa dengan cepat sehingga meningkatkan energi seseorang dengan cepat pula,” kata Jean. Energi tersebut lalu cepat habis dan seseorang ‘dipaksa’ menyantap lagi makanan lain yang mengandung karbohidrat sederhana untuk menjaga gula darah tetap naik. Hal inilah yang menyebabkan keripik kentang selalu bikin Anda ketagihan.

4. Minuman soda

Tinggi gula, minuman soda tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak. Sayangnya banyak orang selalu tergoda dengan rasa manis dan sensasi menyegarkan usai menenggak minuman bersoda.

“Seperti dessert manis, soda bisa menstimulasi pelepasan dopamin. Tambahkan kafein dan Anda akan mendapat pasokan energi dua kali lipat. “Setelah Anda terpikat kafein, Anda bisa mengalami efek samping saat mencoba menghindarinya. Mulai dari lesu, sakit kepala, dan tekanan emosional,” kata Mashru,

5. Es krim

Ngidam es krim selalu muncul karena dessert ini rasanya manis dan teksturnya creamy. Disamping itu, para peneliti setuju makanan berbasis krim dan susu seperti es krim, bisa menstimulasi otak sama seperti narkoba.

“Efek tinggi dan rendahnya gula yang Anda alami adalah hal konsisten dari ketergantungan gula. Ketika tubuh Anda terbiasa makan gula, Anda akan merasa efek samping ketika coba mengurangi konsumsinya. Hal ini lalu berakhir membuat Anda mengonsumsi makanan tinggi gula lebih banyak,” jelas ahli gizi Keri Glassman.

(Png – sisidunia.com)