Home » Gaya Hidup » Inilah Yang Membuat Mata Kita Sering Kedutan

Inilah Yang Membuat Mata Kita Sering Kedutan



Jakarta – Mata kedutan kerap dikaitkan dengan mitos bahwa ada seseorang yang membicarakan kita. Apakah kalian salah satu orang yang percaya dengan mitos tersebut?

Inilah Yang Membuat Mata Kita Sering Kedutan

Ilustrasi

Namun ternyata, mata kedutan bisa dijelaskan secara ilmiah. Secara umum, dokter optometri Hannah Yecheskel mengatakan, bahwa penyebabnya adalah otot mata yang stres. Tapi ada beberapa penyebab lainnya. Penasaran? Berikut ulasannya.

Baca juga : Salah Satunya Dari 5 Macam Buah Ini Mampu Mencegah Kanker

1. Terlalu lama lihat komputer

Mata lelah dan stres karena bekerja terlalu lama menghadap komputer jadi salah satu sebab yang umum. Kamu butuh istirahat. Memandang keluar ruangan, melihat alam dan benda-benda jauh seperti gunung dan langit agar otot mata tidak stres.

2. Reaksi alergi

Ketika kamu punya alergi tertentu, tubuh akan melepas histamin sehingga menyebabkan tubuh bereaksi dengan cara berbeda. Salah satunya timbul kedutan mata, hal ini sama dengan reaksi timbulnya bentol dan gatal.

3. Punya tumor

Meski jarang terjadi, tapi ada kemungkinan. Jika kedutan berlangsung sangat lama atau sering timbul dan mengganggu. Dokter mata akan menyarankan untuk melakukan neuro-opthamologist untuk mengetahui apakah benar ini gejala tumor. Apalagi jika kedutan diikuti dengan masalah penglihatan.

4. Minum terlalu banyak kafein

Kalau mata kanan kedutan tandanya pengin nangis, kalau mata kiri ada yang kangen. Hmmm, bukan itu, ini penyebab mata kamu kedutan.
Suka minum kopi, teh atau cokelat? Makanan dan minuman kaya kafein ini juga bisa menyebabkan mata kedutan. Kafein menstimulasi denyut jantung dan metabolisme serta membuat otot tubuh bergerak, salah satunya yang bisa kamu rasakan adalah kedutan di mata.

5. Kurang tidur

Kurang tidur menjadi salah satu faktor mata kedutan. Selain tubuh yang kurang fit, mata juga bisa mudah lelah. Otak pada kelopak mata termasuk yang paling sensitif, jadi saat tubuh tidak dalam kondisi baik, mata otot mata bisa kedutan.

(Png – sisidunia.com)