Home » News » Wali Kota di Polandia Ditusuk Berkali-kali Saat Pidato

Wali Kota di Polandia Ditusuk Berkali-kali Saat Pidato



Warsawa – Wali kota di Polandia menjadi korban penikaman. Ia ditusuk saat berada di atas panggung sebuah acara amal pada Minggu (13/1/2019) malam waktu lokal.

Wali Kota di Polandia Ditusuk Berkali-kali Saat Pidato

Ilustrasi

Menurut pemberitaan Telegraph yang dikutip pada Senin (14/1/2018), Wali Kota Gdansk, Pawel Adamowicz sempat memegang bagian tubuhnya yang terluka untuk kemudian pingsan usai ditusuk berkali-kali oleh pelaku di depan penonton.

Baca juga: Rumah Warga Nagan Raya Ambruk Akibat Kawanan Gajah

Serangan itu terjadi selama penggalangan dana “Lights to Heaven” yang diselenggarakan oleh Great Orchestra of Christmas Charity, badan amal terpenting Polandia.

Presiden Polandia, Andrzej Duda mengatakan dia diberitahu bahwa “dokter berhasil mengembalikan fungsi jantung Wali Kota Pawel Adamowicz yang terluka serius dan masih ada harapan hidup. Kendati demikian, kondisinya masih sangat lemah.” Dia pun meminta orang-orang untuk berdoa bagi wali kota.

Kini Adamowicz masih berada di rumah sakit dan telah menjalani operasi. Pejabat medis dilaporkan meminta sumbangan darah untuknya.

Lebih dari lima jam setelah serangan itu, tidak ada kabar terbaru tentang kondisinya.

Mendengar insiden itu, Uskup Agung Gdansk, Slawoj Leszek Glod mendatangi Adamowicz di rumah sakit ketika operasi sedang berlangsung. Demikian portal berita Onet melaporkan.

Siaran berita Polandia, TVN mengatakan, penyerang berteriak dari panggung bahwa ia telah salah dipenjara di bawah pemerintahan nasional sebelumnya yang dipimpin oleh Civic Platform, sebuah partai nasional yang sebelumnya berkuasa. Tersangka penyerang kini telah ditangkap.

TVN menyiarkan rekaman pelaku, tepat setelah serangan itu berteriak bahwa namanya adalah Stefan dan menyatakan bahwa “Saya dipenjara tetapi tidak bersalah … Civic Platform menyiksaku. Itulah sebabnya Adamowicz harus mati.”

Polisi mengatakan tersangka berusia 27 tahun dengan sejumlah catatan kriminal dan tercatat pernah melakukan perampokan bank. Seorang juru bicara kepolisian, Mariusz Ciarka, mengatakan penyerang memperoleh akses ke daerah itu dengan tanda media.

Radio Gdansk melaporkan, Adamowicz ditikam di area jantungnya, sementara koran Rzeczpospolita menggambarkan kondisi wali kota itu kini “kritis”. Sedangkan seorang juru bicara rumah sakit menyebut kondisinya “sangat serius.”

(Png – sisidunia.com)