Home » News » Surabaya Raih Prestasi Lagi Sebagai Kota Cerdas

Surabaya Raih Prestasi Lagi Sebagai Kota Cerdas



Surabaya – Walikota Surabaya, Tri Rismaharini tak henti-hentinya mengharumkan nama Surabaya dengan berbagai perolehan penghargaan, selama masa kerjanya. Pada Rabu (9/1) Kota Pahlawan kembali mengukir prestasi dengan menduduki peringkat pertama Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018 untuk kategori metropolitan. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kompas kepada wanita yang akrab disapa Risma itu.

Surabaya Raih Prestasi Lagi Sebagai Kota Cerdas

Surabaya Raih Prestasi Lagi Sebagai Kota Cerdas

“Ya, Surabaya menjadi juara pertama di Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018. Ini tadi baru diserahkan.” kata Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser.

Ternyata di hadapan para hadirin, Risma juga diminta untuk memberi penjelasan terkait hal-hal yang perlu dilakukan untuk meraih predikat kota cerdas di Indonesia, tak hanya menerima penghargaan. Hal ini mengingat Surabaya telah berturut-turut menjadi juara kota cerdas.

“Tadi ibu juga memaparkan. Bagaimana Surabaya bisa berturut-turut meraih juara kota cerdas bagi kepala daerah lainnya untuk belajar.” ungkap Fikser.

Surabaya berhasil menduduki peringkat satu dengan perolehan skor 67,03. Angka ini mengungguli Semarang yang berada di angka 63.69 dan Tangerang Selatan dengan skor 61,68.

Selain Surabaya, ada tiga kota lainnya yang berhasil meraih juara pertama sebagai kota cerdas. Hal ini mengingat ada empat kategori dalam penilaian tersebut.

IKCI membagi 93 kota otonom se-Indonesia ke dalam empat kategori berdasarkan jumlah penduduknya. Yakni kategori metropolitan (lebih dari 1 juta jiwa), kota besar (300 ribu-1 juta jiwa), kota sedang (100 ribu-500ribu jiwa), dan kota kecil (tak lebih dari 100 ribu jiwa).

Baca juga :  Kisah Menyedihkan Alien Asal India

Untuk kategori kota besar, Denpasar berhasil menduduki juara pertama dengan perolehan nilai 61,70. Sedangkan penghargaan kota cerdas untuk kategori kota sedang dan kecil masing-masing diberikan pada Manado dan Padang Panjang.

Selain penghargaan bertaraf nasional, Surabaya juga kerap memperoleh pengahrgaan level internasional. Seperti penghargaan Online Popular City yang diterima di Guangzhou belum lama ini.

Beberapa penghargaan lain yang berhasil disabet Surabaya antara lain Lee Kuan Yew World City Prize, Global Green City PBB, Learning City UNESCO dan ASEAN Tourism 2018.

(Png – sisidunia.com)