Home » Gaya Hidup » 10 Makanan Ini Ternyata Bisa Membuat Gigi Rusak

10 Makanan Ini Ternyata Bisa Membuat Gigi Rusak



Jakarta – Beberapa makanan dan minuman yang bila sering dikonsumsi bisa menimbulkan masalah pada gigi. Apalagi bila ditambah malas menggosok gigi dan tidak rutin memeriksakan kesehatan gigi ke dokter.

10 Makanan Ini Ternyata Bisa Membuat Gigi Rusak

Ilustrasi

Selengkapnya seperti dilansir Reader’s Digest, Selasa (8/1/2019). Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa membuat gigi rusak.

Baca juga : Beberapa Tips Sukses Agar Temukan Jodoh di Tahun Baru Ini

1. Buah kering

“Buah kering benar-benar seperti makan permen,” kata Stephen J. Stefanac, DDS, profesor kedokteran gigi dan periodontik di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Michigan, Amerika Serikat.

Menurutnya, buah kering mengandung gula yang tinggi dan merupakan formula sempurna untuk gigi berlubang. Dia pun menyarankan untuk menghindari konsumsi buah kering dan pilih buah segar sebagai gantinya.

2. Soda

Satu kaleng soda 12 ons mengandung 39 gram gula atau setara dengan gula hampir 10 sendok teh. Namun, itu bukan satu-satunya masalah.

Seorang dokter gigi di Brooklyn, New York, Tricia Quartey, DDS, mengatakan, asam pada soda dapat menghancurkan enamel. Yang terburuk adalah jika Anda minum soda sepanjang hari, karena itu meningkatkan paparan gula dan asam pada gigi Anda.

3. Jus

Seperti soda, jus botolan bisa bersifat asam dan sering mengandung gula tambahan, kadang-kadang bisa mencapai 10 sendok teh per sajian. Kehadiran gula yang terlalu tinggi lalu menempel di gigi ‘memberi’ makan bakteri di mulut yang bakal menyebabkan kerusakan gigi.

Oleh karena itu, Direktur Kedokteran Gigi Anak di Rumah Sakit Yale New Haven Tyrone Rodriguez, DDS menyarankan untuk membuat jus sendiri di rumah.

4. Saus

Tomat itu sehat tapi mereka juga bersifat asam: “Makan saus tomat dengan spageti akan menggandakan kerusakan enamel,” kata Dr. Quartey.

Saus asam dapat memecah enamel pada gigi, dan karbohidrat dalam pasta membantu memberi makan bakteri penyebab rongga. Quartey merekomendasikan pasta dengan keju sebagai gantinya.

5. Cuka sari apel

Cuka ini telah dipuji karena memiliki sifat detoksifikasi, tetapi Anda mungkin tidak menyadari bahwa keasamannya yang tinggi dapat mengikis enamel gigi dengan cepat.

6. Kopi, teh, frappe

Kopi dan teh bersifat asam dan diuretik, yang artinya bisa mengeringkan mulut Anda. “Sementara air liur adalah sistem penyangga alami untuk membersihkan sisa makanan di mulut,” kata dr Rodriguez.

Ketika kehabisan liur, maka seseorang akan lebih rentan mengalami gigi berlubang dan gusi. Bagaimana dengan frappe? Anda mungkin merasakannya bahwa minuman tersebut penuh gula.

7. Keripik

Keripik keras bukan hanya dapat melukai gusi, tapi sebagai karbohidrat olahan, camilan ini pada dasarnya adalah makanan untuk bakteri mulut. Semakin ekstrem rasa keripik, semakin buruk itu.

8. Es Batu

Mengunyah es dapat dengan mudah merusak gigi. Dokter gigi Stefanac juga mengatakan sering mengunyah es batu bisa melemahkan gigi.

8. Obat tetes pereda batuk

Anda mungkin tidak mengklasifikasikan obat batuk sebagai permen, tetapi itulah yang ada di gigi Anda. Dr. Stefanac pernah mengingatkan seorang pasien yang mengalami banyak kerusakan gigi karena dia kerap minum obat pelega tenggorokan.

10. Alkohol

Semua minuman keras mengandung karbonasi bersifat asam, yang juga mengikis enamel gigi. Selain gula, minuman dengan kandungan alkohol yang lebih tinggi dapat mengeringkan mulut Anda, membuat Anda lebih rentan terhadap gigi berlubang dan gusi.

(Png – sisidunia.com)