Home » News » 2 Pelaku Penyebar Hoaks Surat Suara Ditangkap Polisi

2 Pelaku Penyebar Hoaks Surat Suara Ditangkap Polisi



Jakarta – Dua terduga pelaku penyebaran berita bohong atau Hoaks mengenai adanya tujuh unit kontainer berisikan surat suara Pemilu yang sudah dicoblos kembali ditangkap tim gabungan Polri. Setidaknya sudah ada empat orang yang ditangkap terkait dengan perkara tersebut dengan adanya hal tersebut.

2 Pelaku Penyebar Hoakx Surat Suara Ditangkap Polisi

Ilustrasi

Sebelumnya, polisi telah menangkap HY dan LS di Bogor dan Balikpapan. Setelah menjalani pemeriksaan intensif, kini mereka telah ditetapkan sebagai tersangka.

Baca juga : Viral Video Wanita YAng Curi TV Berukuran 43 Inci di Mal Jakarta Selatan

Berdasarkan informasi yang diperoleh Okezone, dua tersangka itu telah ditangkap pada tadi malam. Namun, untuk kepentingan penyidikan, identitas kedua pelaku tersebut masih dirahasiakan.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo tak membantah mengenai adanya penangkapan tersebut. Namun, Dedi menyebut, masih akan melakukan kordinasi dengan tim penyidik yang bergerak dilapangan.

“Tunggu update-nya dari tim ya,” ujar Dedi saat dikonfirmasi mengenai penangkapan tersebut, hari ini.

Sebelumnya, Polisi akhirnya menetapkan LS dan HY sebagai tersangka kasus penyebaran berita bohong atau Hoaks mengenai adanya tujuh unit kontainer berisikan surat suara Pemilu yang sudah dicoblos.

Kendati demikian, penyidik tidak melakukan penahanan terhadap dua tersangka tersebut. Namun, aparat penegak hukum terus melakukan pemeriksaan dan pemantauan kepada dua tersangka tersebut.

Diketahui, peran HY dan LS keduanya sama-sama menerima konten informasi hoaks itu dan langsung menyebarluaskan ke lini massa tanpa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Atas perbuatannya mereka dijerat Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dengan ancaman hukuman dua tahun penjara.

(Png – sisidunia.com)