Home » Gaya Hidup » Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit



Jakarta – Daun kemangi biasa menjadi lalapan yang menambah cita rasa makanan yang disantap. Namun, bukan cuma bikin makanan makin enak, daun kemangi segar juga bermanfaat bagi kulit lho.

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit

Manfaat Daun Kemangi Untuk Kulit

Daun kemangi segar juga memiliki sejumlah khasiat untuk kulit wajah dan tubuh. Hal ini terutama karena sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dimilikinya. Berikut ini kami uraikan beberapa khasiat kecantikan yang bisa didapatkan dari segenggam daun kemangi segar dari berbagai sumber.

1. Mencegah kanker kulit

Dilansir Spiceography, citral dan limonene yang terkandung di dalam kemangi memiliki khasiat antiinflamasi. Begitu juga dengan kandungan vitamin K tinggi yang dimilikinya. Tak hanya ampuh mengatasi peradangan pada jerawat, tetapi juga berkhasiat untuk mencegah kanker kulit.

2. Mencegah jerawat

Seperti dilansir Specialty Produce, kemangi mengandung beberapa jenis minyak esensial. Beberapa di antaranya adalah linalool, nerol dan citral. Ketiganya memiliki fungsi antimikroba dan antibakteri, jadi bisa melindungi kulit dari bakteri dan kuman pemicu jerawat.

Jika ingin memanfaatkan kemangi untuk mengatasi jerawat, ambil segenggam daunnya yang masih segar. Tumbuk dengan peralatan yang higienis, kemudian terapkan pada wajah.

Jika wajah berminyak, tambahkan sedikit air perasan lemon. Sementara bagi kulit kering perlu ditambahkan madu.

Baca juga : Begini Cara Menyimpan Telur Dengan Baik Dan Benar di Dalam Kulkas

3. Meringankan penyakit kulit

Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

(Png – sisidunia.com)