Home » News » Suara Dentuman Misterius Akhirnya Terungkap

Suara Dentuman Misterius Akhirnya Terungkap



Jakarta – Di Jawa Barat, Lampung, dan Sumatera Selatan sempat muncul suara dentuman misteri. Sumber suara itu akhirnya diketahui yakni dari Gunung Anak Krakatau. Begini cerita lengkapnya.

Suara Dentuman Misterius Akhirnya Terungkap

Ilustrasi

Dentuman di Jawa Barat

Perbincangan tentang dentuman di Jawa Barat mengemuka di media sosial. Seorang anggota DPRD Cianjur Komisi IV bernama E Deni Nuryadi mengaku mendengar suara dentuman itu pada Selasa (25/12/2018). Di media sosial, sejumlah warganet di Sukabumi mengaku mendengar dentuman tersebut. Mereka tinggal di daerah Cibereum, Pangleseran dan Nyalindung.

Baca juga : Thailand Menjadi Negara Pertama di Asia Tenggara yang Melegalkan Ganja

Dentuman di Sumatera Selatan

Di Sumatera Selatan, ada penduduk yang mengaku merasakan dentuman itu sekitar lima hingga enam kali dalam semalam. Di Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu, detikcom mendengar langsung suara dentuman itu antara pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Dentuman terdengar sekitar tiga hingga empat kali, masing-masing berselang lebih dari 30 menit.

Dentuman di Lampung

Sejumlah warga yang masih bertahan di Pulau Sebesi, gugusan pulau di Selat Sunda, dekat dengan kawasan Gunung Anak Krakatau, mendengar jelas dentuman itu pada Selasa (25/12) hingga Rabu dini hari. Pada siang hari sebelumnya, warga setempat juga melihat abu yang membumbung dari puncak Gunung Anak Krakatau.

Pernyataan TNI dan bantahan LAPAN

Dentuman yang terdengar di Cianjur, Sukabumi, hingga Garut sempat dinyatakan TNI merupakan suara ujicoba peluncuran roket Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Namun LAPAN sendiri membantah bahwa roketnya lah yang menyebabkan dentuman itu. Suara roket LAPAN tak akan menimbulkan dentuman, namun desis. Jadi, tak ada kaitan antara dentuman dan roket LAPAN.

Dentuman dari Gunung Anak Krakatau

BMKG memastikan dentuman itu berasal dari suara erupsi Gunung Anak Krakatau. Terdengarnya suara dentuman hingga di beberapa daerah diakibatkan arah angin. Saat muncul suara dentuman tersebut, sensor gempa BMKG juga mencatat getaran tanah.

“Kepastian bahwa sumber dentuman yang akhir-akhir ini beberapa kali terdengar oleh warga Banten Lampung dan Sumatera Selatan ternyata bersumber dari erupsi Gunung Anak Krakatau,” ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono kepada wartawan, Kamis (27/12/2018).

(Png – sisidunia.com)