Home » Gaya Hidup » Tips Aman Berkendara yang Aman dan Nyaman Untuk Para Ibu-ibu

Tips Aman Berkendara yang Aman dan Nyaman Untuk Para Ibu-ibu



Jakarta – Seorang ibu memiliki tanggung jawab besar di dalam keluarga. Salah satu tugas mulianya adalah mengantar anak ke sekolah atau bahkan berangkat bekerja untuk menghidupi keluarganya.

Tips Aman Berkendara yang Aman dan Nyaman Untuk Para Ibu-ibu

Tips Aman Berkendara yang Aman dan Nyaman Untuk Para Ibu-ibu

Bagi ibu-ibu yang membawa kendaraan sendiri dalam kegiatan sehari-hari, kami akan berbagi tips untuk selamat berkendara.

1. Cek Tekanan Angin Roda

Sebelum bepergian jarak jauh atau Anda merasa tekanan angin pada roda sudah lama tidak diperiksa, sebaiknya Anda mengukur tekanan roda yang tersisa pada roda. Anda bisa mengecek menggunakan alat khusus atau mengecek ke tempat pengisian angin yang dilengkapi dengan indikator tekanan angin.

Mengapa harus mengecek tekanan angin dengan akurat? Tekanan roda yang berlebihan akan membuat ban menjadi keras dan rasa berkendara tidak nyaman.

Tekanan angin yang kurang akan memberatkan kinerja mesin, membuatnya boros bahan bakar. Tekanan angin yang tidak sesuai juga dapat memengaruhi pengendalian dan membahayakan. Sesuaikan angin dengan spesifikasi kendaraan Anda.

2. Atur Spion

Spion sangat berguna untuk memberikan informasi kepada pengemudi mengenai keadaan lalu lintas di belakang. Pengaturan spion yang kurang tepat akan menyisakan blind spot yang membuat bermanuver menjadi membahayakan.

Bagi emak-emak pengendara motor, gunakan spion yang memberikan pandangan maksimal seperti bawaan dari pabrikan.

3. Gunakan Sein

Lampu sein berguna untuk memberikan isyarat kepada pengendara lain. Dengan begitu, pengendara lain dapat mengetahui arah tujuan Anda, sekaligus mengantisipasi.

Dan yang terpenting, bagi pengendara motor jangan lupa untuk mengembalikan posisi tuas sein ke posisi sebelumnya agar pengendara lain tidak kebingungan.

Baca juga :  Untuk Mengurangi Sampah Plastik, Uni Eropa Akan Mengharamkan Peralatan Plastik

4. Gunakan Lajur dengan Tepat

Bagi Anda yang ingin berkendara dengan santai dan tidak terburu-buru, sebaiknya melaju di jalur kiri. Jalur kanan kerap digunakan untuk menyusul. Nah, jangan sekali-kali berkendara di antara dua lajur tersebut

5. Berdandan Sebelum Bepergian

Menggunakan makeup sebaiknya dilakukan sebelum berkendara. Pasalnya menggunakan makeup saat berkendara sangatlah berbahaya. Meskipun keadaan macet, Anda bisa saja tidak fokus terhadap lingkungan sekitar dan membahayakan diri Anda sendiri dan pengguna jalan lainnya.

(Png – sisidunia.com)