Home » Gaya Hidup » Beberapa Makanan yang Sehat Selama Liburan Natal

Beberapa Makanan yang Sehat Selama Liburan Natal



Jakarta – Natal dan Tahun Baru seringkali menjadi saat orang-orang untuk memanjakan diri dengan berbagai makanan dan minuman. Walaupun begitu, pola makan yang sehat juga harus tetap dipertahankan.

Beberapa Makanan yang Sehat Selama Liburan Natal

Beberapa Makanan yang Sehat Selama Liburan Natal

Pola pemilihan makan buruk di waktu yang singkat bisa mendatangkan masalah kesehatan, ahli diet Monique Piderit mengatakan. Misalnya pada usus kita.

“Mikrobiota usus, kumpulan bakteri, dan organisme lain dalam usus kita membantu mencerna makanan, mengatur sistem kekebalan tubuh kita dan menghasilkan nutrisi seperti folat dan vitamin K,” ujar Piderit. Ketika mikrobiota tidak sejalan, pilihan makanan menjadi buruk.

Maka dari itu, dilansir dari IOL pada Minggu (22/12/2018), ada beberapa tips dari para ahli kuliner Wayland Green dari Granny Mouse Country House and Spa Afrika Selatan, untuk tetap sehat saat liburan Natal.

1. Sayuran segar

Daripada sayuran beku, konsumsilah sayuran segar. Mereka adalah sumber energi yang baik ketika disajikan sebagai jus atau dalam jenis minuman dan makanan lain.

2. Buah segar

Alih-alih mengonsumsi camilan seperti biskuit atau junk food, Anda lebih baik makan buah sebagai kudapan yang menyegarkan dan menyehatkan.

3. Memasak sendiri hidangan

Daripada merayakan hari raya dengan membeli makanan, lebih baik siapkan masakan sendiri. Namun, jika Anda benar-benar harus membeli makanan dari luar, carilah pilihan yang paling sehat di menu.

4. Makanan olahan dan kalengan

Lebih baik, pilihlah makanan yang lebih segar dibandingkan produk kaleng atau olahan. Makan seperti itu biasanya mengandung lebih banyak lemak tidak sehat.

5. Cara memasak

Untuk memasak, minyak zaitun lebih disarankan daripada minyak goreng biasa. Selain itu, lebih baik Anda memasak dengan cara memanggang daripada menggoreng.

6. Kurangi alkohol

Apabila ada tradisi untuk mengonsumsi alkohol dalam perayaan Anda, pilihlah yang mengandung alkohol rendah seperti koktail atau mocktail. Selain itu, perhatikan juga kandungan gula yang mungkin lebih tinggi pada minuman rendah alkohol.

(Png – sisidunia.com)