Home » News » Miliarder Ini Merebutkan Koleksi Barang Rp 10 Triliun Saat Bercerai

Miliarder Ini Merebutkan Koleksi Barang Rp 10 Triliun Saat Bercerai



New York – Seorang miliarder, Harry Macklowe dan istrinya Linda menghebohkan dunia seni lantaran koleksi lukisan mewah menjadi bagian prosesi perceraian mereka. Lukisan mereka ditaksir bernilai melebihi USD 700 juta atau setara Rp 10 triliun (USD 1 = Rp 14.581).

Miliarder Ini Merebutkan Koleksi Barang Rp 10 Triliun Saat Bercerai

Ilustrasi

Dilansir dari Bloomberg, keduanya mulai mengoleksi barang seni sejak menikah pada 1959. Karya Pablo Picasso, Mark Rothko, dan Andy Warhol termasuk dalam koleksi mereka.

Baca juga : Konsumsi Nasi Beracun, 11 Orang id India Tewas

Salah satunya yakni lukisan Nine Marilyns yang menggambarkan wajah Marilyn Monroe pada sembilan negatif film. Harga satu lukisan ini saja diperkirakan USD 50 juta (Rp 729 miliar).

Lukisan lain yang mereka miliki adalah Sixteen Jackies, juga karya Warhol, serta lukisan abstrak Mark Rothko yakni No.7 dan Untitled tahun 1960 yang keduanya seharga USD 100 juta (Rp 1,4 triliun).

Namun, sang miliarder dan istrinya juga tidak satu suara dalam perhitungan nilai koleksi mereka. Pihak sang suami menyebut USD 788 juta (Rp 11 triliun) dan pihak istri berkata USD 625 juta (Rp 9 triliun).

Pihak pengadilan telah memerintahkan agar barang koleksi itu dijual untuk menyelesaikan antara pasangan tersebut. Kemungkinan, mereka akan berkolaborasi dengan Sotheby’s dan Phillips untuk pelelangan.

Perceritaian (Divorce) terkenal sebagai satu dari tiga D yang menyebabkan barang seni masuk pelelangan. Dua D lainnya adalah Death dan Debt. Harry Macklowe merupakan miliarder di bidang developer, sementara pasangannya aktif sebagai trustee di Metropolitan Museum of Art (Met) di New York.

(Png – sisidunia.com)