Home » News » Konsumsi Nasi Beracun, 11 Orang id India Tewas

Konsumsi Nasi Beracun, 11 Orang id India Tewas



New Delhi – Dalam perayaan di sebuah kuil Hindu di India, 11 orang tewas setelah menyantap nasi yang diduga terkontaminasi racun.

Tak Tahan Dengan Sakit Parahnya Seorang Pria Bunuh Diri

Gambar ilustrasi

Sementara, 29 orang lainnya dilaporkan dalam kondisi kritis dan mendapatkan perawatan darurat di berbagai rumah sakit di Mysore, sebuah kota di negara bagian Karnataka di India Selatan.

Baca juga : Pesta Seks di Yogyakarta, Sultan HB X: “Saya Malu”

“Sebelas orang sejauh ini dinyatakan meninggal dunia dan 93 lainnya dirawat di rumah sakit,” kata KH Prasad, petugas kesehatan di Distrik Chamraj Nagar, di mana kuil tersebut berada, seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (15/12/2018).

“Diduga ada zat racun yang tercampur di dalam nasi. Sampelnya sudah kami kirim untuk diuji forensik,” tambah Prasad.

Para pasien dilaporkan menjalani perawatan karena mengalami muntah-muntah, diare, dan gangguan pernapasan.

Menurut petugas kepolisian setempat, banyak orang berkumpul di Kuil Kicchukatti Maramma untuk menghadiri sebuah upacara ritual pada Jumat 14 Desember 2018.

Kemudian, nasi yang menjadi persembahan dibagikan pada mereka yang hadir.

Marugappa, salah satu yang hadir di kuil, mengaku diberi nasi tomat dan air beraroma.

“Bau tak enak dan mencurigakan menguar dari makanan. Namun, orang-orang yang antre di depan tetap memakannya,” kata dia seperti dikutip dari NDTV.

“Tak lama kemudian mereka muntah-muntah. Buih keluar dari mulut.”

Sementara itu, Kepala Menteri atau pemimpin negara bagian setempat, HD Kumaraswamy menyatakan duka cita akibat insiden itu. Ia juga mengumumkan kompensasi sebesar 500 ribu rupee pada masing-masing keluarga korban tewas.

Festival keagamaan India kerap dikelola dengan buruk. Polisi dan sukarelawan kerap kali kewalahan mengatur kerumunan orang yang datang. Tak cuma racun, risiko kematian bisa datang dari insiden saling injak.

(Png – sisidunia.com)