Home » Gaya Hidup » Begini Cara Mengusi Kegalauan Saat Hujan

Begini Cara Mengusi Kegalauan Saat Hujan



Jakarta – Hujan sangat identik dengan galau dan sendu. Bukan sekadar perasaan saja, studi membuktikan hujan mampu menimbulkan perasaan negatif.

Begini Cara Mengusi Kegalauan Saat Hujan

Ilustrasi

Tescia Evans, Ph.D, psikolog klinis dari San Fransisco, Amerika Serikat menyebut bahwa hujan dan perasaan negatif ini memang berhubungan.

Baca juga : Manfaat Membaca Buku Pada Malam Hari

“Ketika cuaca menjadi gelap, beberapa orang lebih rentan merasa kesepian dan murung. Sangat jamak untuk terjadinya perubahan mood seperti jadi merasa kesepian atau rendahnya kepercayaan diri ketika hujan turun,” tutur Evans.

Untuk mengatasi hal ini, Evans menyebut cara mudah untuk dilakukan. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyalakan lampu ketika hujan turun.

“Ada penelitian yang mengatakan bahwa cahaya dapat meningkatkan serotonin yang dapat meningkatkan mood,” ujarnya.

Berjalan-jalan ke luar rumah ketika sedang turun hujan juga bisa meningkatkan mood seperti disampaikan Julia Samton, MD, psikiater di Manhattan, New York.

“Walaupun tampaknya tak ada banyak cahaya, namun kamu tetap terpapar sinar UV yang dapat membantu meningkatkan mood,” sambungnya.

Hal lain yang dapat dilakukan di rumah adalah dengan melakukan aktivitas menyenangkan di rumah. Melakukan berbagai hobi atau menonton film yang menyenangkan, bermain game, serta melakukan berbagai hal yang disukai dapat meningkatkan mood.

Olahraga juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi mood murung yang disarankan oleh Samton.

“Saya menyarankan orang-orang untuk berolahraga, terutama secara besar-besaran,” jelas Samton.

“Kegiatan itu dapat menimbulkan vitalitas, berkontribusi pada rasa percaya diri, serta meningkatkan endorfin yang memiliki efek positif pada mood,” sambungnya.

Hal lain yang juga disarankan oleh psikolog adalah agar tidak sendirian ketika hujan datang. Berkomunikasi dengan orang lain dapat membuat perasaan menjadi lebih baik dan menghindari perasaan murung yang rentan muncul ketika sendirian.

(Png – sisidunia.com)