Home » Hiburan » Gara-gara Ini, Shah Rukh Khan Dituding Lecehkan Agama

Gara-gara Ini, Shah Rukh Khan Dituding Lecehkan Agama



Jakarta – Memang belum tayang, film Zero yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan. Namun, banyak pihak yang telah menantikannya. Pasalnya, dalam trailer film ini, tampak sang aktor memerankan pria bertubuh kerdil yang sedang jatuh cinta. Namun, rupanya Zero mendapat komplain dari satu kalangan di India.

Gara-gara Ini, Shah Rukh Khan Dituding Lecehkan Agama

Sharukhan

Film Zero mengundang protes dari komunitas pemeluk agama Sikh, hal itu disampaikan Hindustantimes.com, Selasa (20/11/2018). Pasalnya, dalam sebuah posternya, Shah Rukh Khan terlihat mengenakan benda seperti Kirpan. Diketahui, Kirpan adalah belati kecil yang merupakan benda suci bagi kaum Sikh.

Alhasil, sebuah petisi pun dibuat untuk ditujukan kepada Shah Rukh Khan dan para sineas di film Zero. Menurut Amritpal Singh Khalsa, perwakilan komunitas Sikh yang melayangkan petisi, memakai Kirpan dengan cara seperti dalam film tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk pelecehan.

Amritpal Singh Khalsa juga meminta agar adegan Shah Rukh Khan menggunakan benda seperti Kirpan itu dihapus saat tayang nanti. Ia juga menyorot benda seperti Gatra (sabuk yang biasa digunakan bersama Kipran) yang dikenakan sang aktor.

“Saya rasa, hanya para Sikh yang memiliki hak eksklusif untuk memakai dan membawa Kirpan sesuai dengan Pasal 25 (kitab Sikh). Jadi, dia jelas mencederai pasal tersebut,” kata Amritpal Singh Khalsa kepada ANI seperti disampaikan Hindustan Times.

“Kirpan dalam agama Sikh adalah hak fundamental kami dan cara Shah Rukh Khan memakai Kirpan, dia telah mempermainkannya. Banyak orang Sikh telah mengorbankan hidup mereka untuk Kirpan selama masa koloni Inggris sehingga dia tidak bisa mempermainkannya. Tidak ada larangan memakai Kirpan, dia bisa memakai Kirpan tapi dia harus mengikuti kode perilaku Sikh Rehat Maryada,” ia menambahkan.

Informasi terbaru, Pengadilan Tinggi Mumbai rencananya akan mendengar petisi publik atas tudingan ini pada 30 November 2018 mendatang.

Tim film Zero telah memberikan tanggapan, untuk menanggapi tudingan tersebut. Menurut mereka, gambar tersebut adalah belati yang dikenal sebagai ‘Katar’.

Baca juga :  Angel Lelga Merasa Nama Baiknya Telah Dicemarkan Oleh Vicky Prasetyo

“Gambar tersebut menunjukkan sebuah belati yang dikenal sebagai Katar dari anak benua India, sama sekali tidak mendekati ‘Kirpan’ yang membawa berkah yang luar biasa sebagai Khalsa,” ujar mereka dalam sebuah pernyataan.

Mereka juga telah mengklarifikasi bahwa para sineas telah berhati-hati untuk tidak menyakiti perasaan setiap komunitas, termasuk komunitas Sikh.

Selain Shah Rukh Khan, film Zero turut dibintangi Anushka Sharma dengan Anand L. Rai sebagai sutradara. Film ini akan dirilis pada 21 Desember 2018 mendatang.

(Png – sisidunia.com)