Home » Gaya Hidup » Minum Air Putih Sebelum Tidur Tidak Baik Untuk Kesehatan ?

Minum Air Putih Sebelum Tidur Tidak Baik Untuk Kesehatan ?



Jakarta – Agar cairan tubuh kita terpenuhi, kita tahu bahwa minum air putih merupakan kewajiban. Namun ada, lo, waktu tertentu yang dianjurkan tidak minum air putih, salah satunya sebelum tidur.

Minum Air Putih Sebelum Tidur Tidak Baik Untuk Kesehatan ?

Minum Air Putih Sebelum Tidur Tidak Baik Untuk Kesehatan ?

Meski ini masih menjadi pro dan kontra, beberapa peneliti mencoba menjelaskannya.

Minum air putih sebelum tidur justru meningkatkan risiko nokturia pada seseorang. Nokturia merupakan peningkatan kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari, lebih tepatnya saat waktu tidur.

Tubuh manusia menghasilkan lebih banyak hormon yang memperlambat fungsi ginjal dan menurunkan produksi urin, untuk kita ketahui selama tidur.

Hal ini mengurangi kebutuhan untuk buang air kecil di malam hari, sehingga kualitas tidur tetap terjaga.

Selain itu, nokturia juga memiliki risiko lain yang berhubungan dengan kualitas hidup seseorang.

Seperti ingatan, konsentrasi, dan suasana hati juga akan terpengaruh ketika kualitas tidur kita buruk.

Risiko lainnya jika minum air putih sebelum tidur malam adalah hipertrofi prostat jinak, kandung kemih terlalu aktif, diabetes, infeksi kandung kemih, penyakit jantung, sembelit, hingga depresi.

Nokturia dapat terjadi pada siapapun, tidak memandang usia seseorang, tetapi lebih sering terjadi pada orang tua. Jadi, lebih baik kita minum air putih ketika kita merasa dehidrasi.

“Saat haus tentunya. Tapi, saat merasa haus biasanya kita sudah mengalami dehidrasi ringan,” kata pakar gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr Diana Sunardi, M.Gizi, SpGK, melansir Kompas.com.

Diana mengatakan bahwa haus merupakan sinyal bahwa tubuh memerlukan cairan. Dan dianjurkan kita minum tanpa menunggu rasa haus dan minum secara berkala.

Waktu lainnya adalah sebelum, selama dan sesudah beraktivitas. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat seseorang kehilangan konsentrasinya sehingga ia tidak fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

Baca juga :  Begini Pesan Ahok Usai Film A Man Called Ahok Tembus 1 Juta Penonton

“Misalnya, saat olahraga pagi di car free day, keringat keluar sangat banyak, mulai pusing dan otot tegang. Itu tanda awal kekurangan mineral,” tutur Diana.

Di sisi lain, mengonsumsi air putih hangat saat perut kosong memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Seperti yang dikatakan oleh pengobatan Cina kuno, memulai hari dengan segelas air hangat membantu memulai sistem pencernaan dan menyediakan berbagai manfaat kesehatan.

Mulai dari menurunkan berat badan, menghilangkan sinus, membantu menjernihkan racun hingga memperbaiki sirkulasi tubuh.

(Png – sisidunia.com)