Home » Gaya Hidup » Beberapa Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Para Wanita

Beberapa Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Para Wanita



Jakarta – Pepaya adalah salah satu buah yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak, baik dikonsumsi langsung maupun diolah terlebih dulu, membuat banyak orang menyukainya. Berkat rasa manisnya tersebut, buah yang berasal dari daratan Amerika Selatan dan Meksiko ini lebih disukai orang daripada bagiannya yang lain, misalnya daunnya.

Beberapa Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Para Wanita

Beberapa Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan dan Para Wanita

Banyak orang sudah tahu kandungan dan manfaat buah pepaya. Buah yang kaya antioksidan, vitamin, mineral, dan enzim ini berkhasiat melancarkan buang air besar dan diet. Selain buahnya, daun pepaya juga bisa dikonsumsi dan diolah menjadi menu masakan yang khas dari berbagai daerah di Indonesia. Manfaat daun pepaya juga penting untuk kesehatan manusia. Namun sayang, tak banyak yang mengetahui khasiatnya, selain lezat kala dimasak.

Memang, rasa pahit akan langsung menyerang lidah kita begitu daun pepaya dikonsumsi. Tetapi, di balik rasa pahitnya tersebut, daun pepaya mengandung beberapa senyawa aktif yang memiliki efek yang baik bagi tubuh, misalnya vitamin B1, A dan C. Daun pepaya memiliki kandungan gizi yang cukup beragam diantaranya vitamin A 18250 SI, vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, kalori 79 kal per 100 gram, protein 8,0 gram per 100 gram, lemak 2,0 gram per 100 gram, hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, kalsium 353 miligram per 100 gram, dan air 75,4 gram per 100 gram. Daun pepaya juga mengandung carposide yang dapat berfungsi sebagai obat cacing. Daun pepaya mengandung zat papain yang tinggi sehingga menjadikan rasanya pahit, namun zat ini justru bersifat stomakik yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Diam-diam daun yang berbentuk menyerupai tangan manusia ini memiliki banyak manfaat. Nah, berikut ini rangkum dari berbagai sumber, ragam manfaat daun pepaya untuk kesehatan.

1. Meredakan kram menstruasi

Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang kram menstruasi adalah dengan merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah mendidih, diamkan hingga hangat dan minumlah. Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera diatasi. Untuk hasil yang optimal minumlah rebusan daun pepaya beberapa kali dalam sehari.

2. Menambah kelancaran ASI pada ibu menyusui

Untuk ibu yang sedang menyusui ketika baru melahirkan seorang anak, ada baiknya jika mengganti suplemen atau vitamin non alami dengan mengonsumsi daun pepaya untuk menambah kelancaran ASInya. Cara mendapatkan manfaat daun pepaya untuk wanita yang sedang menyusui, tidak harus dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, namun bisa juga dengan diolah dalam bentuk makanan rumahan. Untuk mengolahnya tentunya harus dengan proses pengolahan yang benar agar rasa pahit dari daun pepaya tidak terlalu terasa.

Selain bermanfaat untuk wanita, berkat kandungan gizinya manfaat daun pepaya juga baik untuk kesehatan secara umum. Berikut ini manfaat daun pepaya untuk kesehatan manusia.

3. Untuk penyakit demam berdarah

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang pertama adalah untuk penyakit demam berdarah. Zat aktif daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Cara mengambil manfaat daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya. Rebus lebih kurang 5 lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum.

Baca juga :  PSMS Medan Berhasil Terhindar Dari Kekalahan Oleh Madura United

4. Perbaiki saluran pencernaan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk memperbaiki saluran pencernaan. Mengonsumsi daun pepaya juga dapat melancarkan pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena adanya zat karpin dalam daun pepaya. Daun karpain sendiri dapat membasmi mikroorganime jahat yang mengganggu pencernaan.

5. Mencegah risiko kanker

Mencegah rsisiko kanker juga merupakan salahs atu manfaat daun pepaya untuk kesehatan. Hal ini karena daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nah, kandungan antioksidannya itu bagus untuk menangkal radikal bebas, sehingga turunkan risiko kanker

(Png – sisidunia.com)