Home » Travel & Kuliner » 10 Ikan Segar Ini Paling Cocok Untuk Sushi

10 Ikan Segar Ini Paling Cocok Untuk Sushi



Jakarta – Pencinta sushi sejati pasti menyukai sushi tradisional Jepang dengan topping ikan mentah sushi ini dikenal paling klasik dan enak. 10 jenis daging ikan segar ini paling top sebagai topping.

10 Ikan Segar Ini Paling Cocok Untuk Sushi

Ilustrasi

Meski kini makin banyak sushi dengan beragam versi, namun sushi tradisional dan klasik tetap digemari. karena hanya terdiri dari sejumput nasi shushi dan irisan fillet ikan sehgar. Kualitas sushi ini sangat ditentukan oleh irisan daging ikannya.

Baca juga : Resep : Pisang Nugget Sederhana Yang Kekinian

Berikut 10 topping ikan pada sushi yang wajib Anda cicipi atau pesan saat berada di restoran sushi di Jepang.

1. Otoro (Hon-Maguro)

Irisan fillet ikan tuna sirip biru merupakan potongan dari ikan tuna yang paling mahal harganya. Biasanya jenis ikan ini banyak tersedia pada bulan Oktober hingga februari. Rasanya sangat kaya, karena banyaknya lemak ikan di dalamnya. Meskipun kini sangat jarang karena ikan tuna sirip biru sudah dibatasi penangkapannya.

2. Chutoro (Hon-Maguro)

Chutoro memiliki lebih sedikit lemak dibandingkan pada sajian otoro. Setiap setengah dari irisan terdiri dari daging ikan merah. Rasa tunanya sangat khas dengan kombinasi umami atau rasa gurih yang dihasilkan dari daging merah itu sendiri. Campuran lemak menambah rasa manis yang enak.

3. Akami (Hon-Magura)

Rasanya tidak sekaya otoro dan chutoro. Akami memiliki lebih sedikit rasa asam. Akami tuna liar dipercaya sangat bermutu tinggi. Jika Anda baru mengenal sushi, Akami menjadi makanan pilihan yang harus dicoba.

4. Otoro (Minami Maguro)

Otoro ini terbuat dari lemak ikan tuna sirip biru selatan. Biasanya ikan tuna jenis ini ada pada musim di bulan April hingga Agustus. Otoro ini memiliki lemak yang rasanya manis. Ketika dimakan terasa meleleh di mulut.

5. Chutoro (Minami Maguro)

Chutoro ini juga terbuat dari lemak ikan tuna sirip biru selatan. Dipilihnya ikan tuna jenis ini, karena ikan tuna ini cenderung lebih berlemak daripada jenis ikan tuna lainnya. Bahkan chutoro ini memiliki rasa yang kaya dan berlemak yang lezat.

6. Akami (Minami Maguro)

Akami jenis memiliki takstur yang lembut dan kenyal. Terbuat dari daging merah sirip biru selatan. Rasa ikan ini sangat halus. Kabarnya penangkapan jenis ikan ini sudah diatur dalam sebuah peraturan. Ikan tuna yang banyak tersedia di Jepang ini merupakan hasil impor dari Australia.

7. Akami (Mebachi Maguro)

Akami ini menggunakan daging merah ikan tuna bigeye yang terkenal mahal. Tapi jika Anda ingin merasakan dengan harga yang lebih murah, Anda bisa memesan dalam ukuran potongan. Akami tuna begiye memiliki asam ringan, rasa manis ang kaya dari lemak, dan umami yang dalam. Menikmati Akami paling enak dimakan pada bulan Oktober hingga bulan Februari.

8. Negitoro

Negitoro terdiri dari daging yang diambil di sekitar tulang punggung tuna yang dikikis dan dicincang halus. Disajikan di atas nasi dan diberi daun bawang. Sajian tersebut dibungkus dengan rumput laut atau biasa disebut nori. Nikmatinya, sajian ini tersedia sepanjang tahun. Sebagai rekomendasi, Anda bisa mampir ke restoran sushi Knyenyor Belt, karena di sana ikan yang disajikan teksturnya lembek, sehingga mudah dimakan.

9. Bincho Maguro

Bincho maguro dibuat dari jenis ikan tuna kecil yang biasa digunakan pada sajian tuna kalengan. Tuna albacore memiliki tekstur lemak dan rasa umami yang khas. Sajian ini populer sebagai topping sushi dalam beberapa tahun terkahir ini.

10. Katsuo

Katsuo paling enak dimakan saat musim semi tiba, biasanya tersedia dari bulan Maret hingga Desember. Rasanya yang manis dengan tekstur lembut sering menjadi buruan pelanggan. Apalagi aromanya yang harum dan ringan. Biasanya dimakan dengan campuran daun bwang dan jahe.

(Png – sisidunia.com)