Home » News » Gempa Guncang Wilayah Bengkulu 2 Kali

Gempa Guncang Wilayah Bengkulu 2 Kali



Bengkulu – Gempa berkekuatan 4,1 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu, pada Minggu (21/10/2018). Gempa tersebut terjadi usai salat Magrib, sekira pukul 18.32 WIB.

Gempa Guncang Wilayah Bengkulu 2 Kali

Ilutrasi

Lokasi gempa berada di 14 kilometer (KM) Barat Daya Bengkulu Utara, dengan kedalaman hiposenter 72 KM. Masyarakat Bengkulu Utara dan sekitarnya tidak terlalu merasakan dampak gempa tersebut. Gempa dengan kategori menengah tersebut tidak menimbulkan potensi tsunami.

Baca juga : Penemuan Jenazah Bayi Penuh Lumpur di Dalam Bagasi Bus

Sebelumnya, gempa juga mengguncang pulau terluar Provinsi Bengkulu, tepatnya di Pulau Enggano Kecamatan Enggano. Kabupaten Bengkulu Utara.

Gempa di pulau terluar tersebut berkekuatan 3,9 SR, yang terjadi sekira pukul 07.55 WIB. Di mana gempa tersebut berlokasi di 5.62 LS, 102.21 BT atau berada di 31 Km Barat Daya Pulau Enggano, dengan kedalaman 64 Km.

PMG Ahli Muda Stasiun Geofisika Kepahiang, Bengkulu, Sabar Ardiansyah menjelaskan, gempa di Bengkulu Utara, merupakan gempa dengan jenis gempa menengah. Di mana gempa tersebut disebabkan aktivitas lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia, yang berada di bawah pulau Sumatera.

“Gempa disebabkan penyusupan Lempeng Indo-Australia di bawah Eurasia yang berada di bawah pulau Sumatera. Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Sabar, ketika di konfirmasi Okezone, Minggu (21/10/2018), malam.

Gempa bumi yang mengguncang Bengkulu Utara, pada malam ini, lanjut Sabar, belum adanya terjadi aktivitas gempa bumi susulan hingga saat ini.

Masyarakat Bengkulu diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khususnya, masyarakat di daerah pesisir Barat Sumatera.

“Kami mengimbau agar masyarakat tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” pungkas Sabar.

(Png – sisidunia.com)