Home » Gaya Hidup » Memiliki Karbohidrat Tinggi, Buah-buahan Ini Mampu Gantikan Nasi

Memiliki Karbohidrat Tinggi, Buah-buahan Ini Mampu Gantikan Nasi



Jakarta – Bagi sebagian masyarakat, Karbohidrat dinilai sebagai kandungan yang dapat menyebabkan obesitas atau menambah berat badan. Padahal, tidak semua karbohidrat seperti itu, sebab masih ada sayuran dan buah yang mengandung karbohidrat tinggi tapi tetap menyehatkan tubuh.

Memiliki Karbohidrat Tinggi, Buah-buahan Ini Mampu Gantikan Nasi

Ilustrasi

Kini diet rendah karbohidrat sedang marak dilakukan oleh masyarakat, namun bukan berarti semua bentuk makanan yang mengandung karbohidrat harus dihindari. Berikut beberapa sayur dan buah yang mengandung karbohidrat tinggi dilansir dari laman Health Line.

1. Pisang

Buah yang sangat populer di dunia ini memiliki kadar karbohidrat cukup tinggi, yaitu sekira 23 persen. Karbohidrat yang ada dalam pisang berbentuk pati atau gula. Pada pisang yang masih hijau alias belum matang, karbohidratnya yang berbentuk pati, sementara saat berubah menjadi kuning dan masak, berubah menjadi gula alami. Selain itu, pisang pun kaya akan kalium, vitamin B6, dan vitamin C, yang mampu menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung.

2. Ubi jalar

Ubi jalar yang terasa manis memiliki kandungan karbohidrat sekira 18-21 persen. Kandungan karbohidrat ini terdiri dari pati, gula, dan serat. Ubi jalar pun kaya provitamin A, C, dan kalium. Selain itu, ubi jalar kaya akan antioksidan yang dapat membantu kurangi kerusakan oksidatif, dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

3. Beetroots

Bit adalah sayuran berakar ungu. Bit mentah maupun yang dimasak memiliki kandungan karbohidrat mulai 8 hingga 10 persen, terutama dalam bentuk gula dan serat. Bit pun memiliki kandungan vitamin, mineral, antioksidan yang kuat, nitrat anorganik yang tinggi mampu berubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh, yang menurunkan tekanan darah, dan dapat menurunkan risiko beberapa penyakit.

4. Jeruk

Masyarakat sebagian besar mengetahui jeruk sebagai sumber vitamin C, tidak salah memang. Namun, selain vitamin C, jeruk pun mengandung 11,8 persen karbohidrat. Sehingga, jeruk merupakan sumber serat yang baik. Jeruk kaya akan vitamin C, kalium, vitamin B, asam sitrat dan beberapa senyawa lainnya, juga antioksidan. Memakan jeruk secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu mencegah batu ginjal, dan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, dan mengurangi risiko anemia.

5. Blueberry

Blueberry terkenal sebagai buah beri yang tinggi antioksidannya. Meski kandungan air yang mendominasi, tapi blueberry pun mengandung karbohidrat sekira 14,5 persen. Vitamin C, K, dan mangan pun cukup tinggi kandungannya dalam blueberry.

(Png – sisidunia.com)