Home » Travel & Kuliner » 5 Benda Ini Yang Paling Jorok dan Berkuman

5 Benda Ini Yang Paling Jorok dan Berkuman



Jakarta – Makan di restoran pasti sangat menyenangkan. Namun, Anda harus hati-hati. Meski terlihat bersih, barang-barang di restoran justru jadi sarang kuman.

5 Benda Ini Yang Paling Jorok dan Berkuman

Ilustrasi

Meski restoran terlihat rapi dan bersih, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, sebuah acara TV populer seperti Kitchen Nightmare dan Bar Rescue telah memperlihatkan betapa kotornya barang-barang di restoran.

Baca juga : Tak Hanya Makanan, Kafe-kafe Ini Juga Memiliki Hewan Untuk Diajak Main

Mulai dari wadah bumbu, hingga buku menu. Dilansir dari Shared, Jumat (5/10/2018) berikut 5 benda di restoran yang jadi tsarang bakteri E.coli.

Bumbu

Banyak restoran yang menyediakan segala jenis bumbu dalam wadah yang diletakkan di meja-meja restoran. Hal tersebut dilakukan guna memudahkan pengunjung saat ingin meracik hidangannya sendiri. Namun, tak sedikit pengunjung yang menyalahgunakan bumbu-bumbu tersebut. Tetapi tak sedikit pula pemilik restoran yang tidak memperhatikan wadah bumbu-bumbu itu.

‘Good Morning America’ menemukan wadah lada rata-rata terdapat 11.000 bakteri. Itu lantaran pemilik restoran tidak pernah membersihkan wadah tersebut saat mengisi ulang. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa meminta chef untuk membumbui makanan Anda sesuai selera.

Kursi

Biasanya restoran menyediakan kursi khusus balita supaya aman digunakan oleh para balita. Namun, hal tersebut bisa jadi hal yang paling kotor di restoran. Balita dipastikan selalu makan berantakan, entah sisah makanan, air liur, ataupun kuman yang mereka tinggalkan setelah makan. Tak jarang bayi juga meninggalkan segala jenis kekacauan yang berbeda di tempat duduk mereka.

Jika kursi tersebut tidak dibersihkan dengan benar maka ada risiko kuman berbahaya yang bersarang di kursi tersebut, seperti bakteri E.coli yang bisa menyebar ke orang lain. Sebelum menggunakannya, disarankan untuk meminta pelayan memberihkan kursi tersebut terlebih dahulu. Atau jika ingin aman, Anda bia membawa kursi khusus tersebut sendiri dari rumah.

Mesin Es

Mesin es yang ada di restoran juga bisa jadi benda yang paling kotor. Bahkan hal tersebut telah dibuktikan olen sebuah studi yang menunjukkan bawah air di mesin es restoan mengandung lebih banyak bakteri daripada air dari toilet.

Mesin es merupakan perangkat yang rumit maka sulit untuk dibersihkan. Jika tidak rutin dibersihkan bakteri E.coli sudah dipastikan banyak bersarang di sana. Supaya lebih aman, lebih baik Anda jangan memesan minum dengan campuran es.

Lemon

Lemon sangat menyegarkan. Oleh karena itu banyak disajikan di restoran-restoran guna menyegarkan sajian hidangan mereka. Tetapi tak sedikit pula yang menggunakan lemon sebagai hiasan minuman atau makanan. Lemon biasanya dipotong menjadi potogan-potongan kecil. Beberapa penelitian telah menyoroti betapa kotornya bagian luar lemon yang disediakan restoran, karena sering ditangan oleh banyak orang sebelum diiris dan disajikan

Dalam sebuah penelitian tersebut ditemukan hampir 70% lemon dinyatakan positif terdapat bakteri E. coli. Meskipun belum ada wabah penyakit virus yang berbasis pada lemom tersebut. Sebaiknya Anda harus waspada pada minuman atau makanan yang dihias dengan irisan lemon.

Daftar menu

Daftar menu atau buku menu menjadi hal yang utama disiapkan resoran untuk memudahkan pengunjung memesan hidangan mereka. Oleh karena itu buku menu tersebut hampir setiap saat digilir dari meja satu ke meja lainnya. Mungkin kedengarannya bukan masalah yang besar, tetapi ketika Good Morning Amerika menguji barang-barang di restoran, buku menu terbukti membawa sekitar 185.000 bakteri yang lebih banyak dari rata-rata bakteri di toilet.

Untuk mengindari bakteri tersebut, disarankan untuk menanyakan pelayan mengenai menu spesial yang ada di restoran tempat Anda kunjungi. Dengan begitu Anda tidak akan menyentuh buku-buku menu kotor tersebut. Namun, jika Anda merasa tetap ingin menggunakan buku menu tersebut, mintalah pengganti buku menu yang bersih jika buku menu yang Anda terima terlihat kotor dan menjijikan.

(Png – sisidunia.com)