Home » News » Inilah Hewan-hewan Yang Dipelihara Jokowi di Istana Negara

Inilah Hewan-hewan Yang Dipelihara Jokowi di Istana Negara



Jakarta – Di sela-sela kesibukannya sebagai pemimpin negara, Presiden Joko Widodo rupanya masih meluangkan waktu untuk memberi makan sejumlah hewan peliharaannya setiap Sabtu dan Minggu di Istana Bogor. Menurut salah seorang petugas Istana, kegiatan ini menjadi hiburan tersendiri bagi Presiden Jokowi.

Inilah Hewan-hewan Yang Dipelihara Jokowi di Istana Negara

Hewan peliharaan Jokowi di Istana Negara

Lalu, apa saja hewan peliharaan Jokowi di Istana Bogor? Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Minggu (7/10/2018).

Baca juga : Pemerintah Singapura Hukum Pelaku Jual Beli WNI dan Denda Rp 54,7 Juta

Saat menjadi tamu dalam acara Mata Najwa bertajuk “Cerita Anak Jokowi” pada 2016 lalu, anak bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangerap, sempat mengungkapkan kegemaran ayahnya yang suka memelihara kecebong dan kodok. Menurut pengakuannya, sang ayah memiliki satu kolam khusus untuk memelihara kecebong hingga menjadi kodok dewasa.

“Satu kolam buat kecebong saja. Bapak (Jokowi) suka sekali kecebong,” kata Kaesang kepada Najwa Shihab.

Usut punya usut, tujuan Presiden Jokowi memelihara hewan tersebut tidak lain karena beliau ingin menikmati suara kodok yang dianggapnya menenangkan. “Kalau malam kan jadi ada suara kodok. Kwang-kwong, kwang-kwong, kwang-kwong. Apalagi setiap turun hujan. Kan enak, jadi fresh otaknya,” kata Jokowi.

Kambing

Di Istana Bogor, Jokowi juga diketahui memelihara 10 ekor kambing. Dalam sebuah video vlog yang diunggah di akun YouTube Joko Widodo, Jokowi terlihat bahagia saat mengumumkan kelahiran dua ekor kambing piaraannya.

“Pagi ini saya merasa gembira sekali. Alhamdulillah, tadi pagi telah lahir lagi dua anak kambing yang saya pelihara. Coba, lucu-lucu ini,” kata Jokowi.

“Dan yang ini lahirnya 2 minggu yang lalu. Jadi dua bulan yang lalu lahir 1 ekor, seminggu yang lalu lahir 2 ekor, hari ini lahir 2 ekor. Jadi anaknya ada 5 induknya ada 5. Jadi sekarang saya punya kambing totalnya 10,” sambungnyai.

Tidak hanya itu, salah seorang petugas bernama Endang mengatakan bahwa hewan-hewan piaran tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi Jokowi di hari Sabtu dan Minggu.

“Itu salah satu hiburan bapak setiap hari Sabtu dan Minggu. Bapak memberi makan ikan, kodok, kambing, dan berinteaksi dengan peliharaannya di sana (Istana Bogor),” kata Endang dalam sebuah video yang diunggah di laman Facebook Jokowi.

Murai batu

Memelihara burung adalah salah satu hobi yang digemari oleh sebagian kalangan pria, termasuk Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia ini, diketahui telah menekuni hobi ini. Jokowi bahkan tidak main-main, ia pernah mengikutsertakan burung peliharannya di sebuah ajang perlombaan burung yakni, Fesival dan Pameran Burung Berkicau Piala Presiden Jokowi 2018 yang berlangsung di Kebun Raya Bogor.

Kala itu, Presiden Jokowi mengikutsertakan burung jenis murai batu miliknya untuk dilombakan. Namun sayang beribu sayang, burung peliharaannya harus mengakui kehebatan burun dari peserta lainnya. Menurut Psikolog Klinis, Aurora Lumbantoruan, rupanya hobi memelihara burung bukan sekadar menjadi ajang pamer atau adu gengsi semata. Kicauan burung yang sangat merdu diklaim dapat memberi dampak positif ke dalam pikiran.

“Suara kicauan burung, air mengalir, angin, atau apa pun yang berhubungan dengan alam memberi efek menenangkan jiwa. Makanya banyak orang mencari alam bebas atau berwisata alam ketika sudah penat dengan rutinitas dan situasi bising di perkotaan,” ungkap Aurora saat ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

Biawak

Dari sekian banyak hewan yang dipelihara Presiden Jokowi di Istana Bogor, ternyata ada satu hewan peliharaan anti-mainstrem yang mungkin tidak pernah terlintas di benak Anda. Jokowi ternyata juga memelihara seekor biawak. Hewan tersebut ia dapatkan ketika salah seorang petugas sedang membersihkan kolam yang berada di depan kompleks Istana Bogor. Seekor biawak terlihat terjebak di dalam sebuah kotak saringan air. Jokowi kemudian meminta petugas tersebut untuk melepaskan biawak ke dalam kolam.

(Png – sisidunia.com)