Home » Gaya Hidup » Begini Cara Olah Makanan Daripada Digoreng

Begini Cara Olah Makanan Daripada Digoreng



Jakarta – Telah lama diyakini mengolah bahan-bahan makanan dengan cara dikukus dan rebus sebagai cara yang lebih sehat ketimbang digoreng atau bakar. Kandungan lemak pada masakan yang diolah dengan kedua cara itu lebih sedikit dibandingkan jika digoreng yang tentu menyerap minyak selama proses penggorengan.

Begini Cara Olah Makanan Daripada Digoreng

Ilustrasi

Namun, meski banyak orang sadar cara memasak dengan merebus dan mengukus lebih sehat, tidak sedikit pula orang yang menyerah mengolah bahan-bahan masakannya, karena pengetahuan resep yang kurang banyak. Maka, untuk menambah referensi masakan Anda dengan olahan rebus dan kukus, berikut daftar resepnya dari berbagai sumber.

Baca juga : 5 Makanan Ini Mampu Cegah Kanker Jika Dikonsumsi Rutin

1. Trancam

Makanan khas Jawa Tengah ini mirip-mirip cara penyajiannya dengan urap. Perbedaannya ada pada sayuran yang digunakan dalam terancam dan urap, karenatrancam tidak mencampurkan tauge di dalamnya, kelapa yang digunakan harus dikukus terlebih dahulu, dan bumbu yang digunakan masih mentah.

2. Urap

Mirip seperti terancam urap pun menggunakan bumbu kelapa yang pedas. Bedanya sayuran yang digunakan dalam urap dikukus terlebih dahulu dan jenisnya pun lebih lengkap, karena ada tauge atau kecambah, wortel, kangkung, kol, dan bahkan bayam serta kacang panjang. Urap sangat cocok saat makan siang atau sarapan.

3. Tahu jamur kukus

Untuk membuat tahu jamur kukus ini Anda dapat menemukan bahan-bahannya dengan mudah, seperti tahu putih, kemangi, jamur tiram, dan telur. Sedang bumbu yang dihaluskan pun sama mudahnya, yaitu cabai keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, serai, daun bawang, garam, dan kaldu bubuk.

4. Ikan sinangin kukus tauco

Ikan yang bisa diolah dengan cara dikukus salah satunya ikan sinangin. Untuk mengolahnya dengan cara dikukus pun terbilang cukup mudah. Bahan-bahan yang perlukan di antaranya, ikan sinangin, jahe iris korek api, bawang merah, bawang putih, tomat, tauco, minyak wijen, kecap asin, dan minyak goreng.

5. Ikan dori kukus

Selain ikan sinangin, ikan dori pun bisa lho diolah dengan cara dikukus. Rasanya jangan ditanya deh, sudah pasti enak! Bahan-bahan yang diperlukan juga mudah ditemukan, yaitu ikan dori fillet, bawang putih, daun salam, sereh, minyak ikan, gula, dan garam.

(Png – sisidunia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*