Home » News » Banjir Rendam Ratusan Rumah di Medan

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Medan



Medan – Banjir yang berasal dari luapan air Sungai Deli dan Babura merendam ratusan rumah di Kota Medan sejak Sabtu (15/9/2018) malam, sehubungan hujan yang cukup deras sepanjang malam hingga Minggu dini hari.

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Medan

Ilustarsi

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Medan, Minggu (16/9/2018), akibat meluapnya air sungai yang mencapai lebih dari 1 meter, warga yang tinggal di sekitar daerah aliran sungai terpaksa mengungsi khawatir air semakin tinggi.

Baca juga : Polisi Berhasil Tangkap Penyebar Hoax di di Depan Gedung MK

Beberapa kawasan yang terendan banjir di antaranya Kecamatan Medan Polonia, Medan Johor, Medan Maimun, sehingga menyebabkan warga mengungsi ke daerah yang lebih tinggi dengan membawa berbagai peralatan seadanya.

Kawasan sekitar Universitas Sumatera Utara (USU) yang berdekatan dengan Sungai Babura juga tidak luput dari banjir, akibatnya lalu lintas di Jalan dr Mansyur yang berada di dekat perguruan tinggi negeri tertua di Sumatera Utara itu putus total karena tidak dapat dilalui.

Hingga siang sekira Pukul 13.00 WIB debit air mulai surut dan sebagian warga yang mengungsi mulai kembali ke rumah masing-masing dan mulai melakukan pembersihan terhadap berbagai sampah dampak banjir tersebut.

Meski air mulai surut, BPBD terus melakukan monitoring terhadap situasi yang ada dan berkoordinasi dengan pihak Kelurahan dan lingkungan setempat untuk mengimbau warga tetap waspada.

Sabriandi, warga Jalan Luku Kecamatan Medan Johor mengaku, air sungai mulai meluap Minggu dini hari dan langsung menggenangi rumah warga yang berada di bantara Sungai Babura.

“Kami sekeluarga beserta tetangga lainnya langsung mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, takut air semakin tinggi. Siang ini air mulai surut dan kami juga sudah bersih-bersih,” katanya.

(Png – sisidunia.com)