Home » News » Seorang Diplomat Taiwan Bunuh Diri di Jepang

Seorang Diplomat Taiwan Bunuh Diri di Jepang



Tokyo – Seorang diplomat Taiwan yang ditugaskan di Osaka, Jepang, ditemukan tewas bunuh diri. Penyebabnya belum diketahui pasti.

Seorang Diplomat Taiwan Bunuh Diri di Jepang

Ilustrasi

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (15/9/2018), insiden ini diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan dalam pernyataan yang dirilis pada Jumat (14/9/2018) waktu setempat.

Baca juga : e-Tilang Sudah Diterapkan di Sudirman -Thamrin

“Su Chii-cherng melakukan bunuh diri di kediaman resminya pagi ini,” demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Taiwan.

Kementerian Luar Negeri Taiwan menyebut sosok Su sebagai diplomat luar biasa yang ‘kerap memberi bantuan untuk kolega-kolega juniornya’.

Dalam pernyataan tersebut, Kementerian Luar Negeri Taiwan menyatakan ‘dukacita dan penyesalan mendalam atas insiden yang sangat disayangkan’ ini.

Pernyataan juga menyebut bahwa Perdana Menteri Taiwan, William Lai, berduka atas kabar ini.

Secara terpisah, kantor berita Taiwan, Central News Agency, menyebut diplomat berusia 61 tahun itu baru ditugaskan di misi diplomatik Taiwan di Osaka sejak Juli lalu. Sebelumnya Su bertugas di Naha, Okinawa.

Belum ada keterangan resmi dari Kepolisian Osaka terkait insiden ini. Kronologi dan motif di balik aksi bunuh diri ini tidak diketahui pasti.

Media-media Taiwan melaporkan bahwa Su menghadapi kritikan tajam saat menangani kasus sejumlah warga Taiwan terjebak di Jepang saat topan Jebi menerjang beberapa waktu lalu. Topan itu menewaskan 11 orang dan memaksa ribuan orang termasuk warga asing telantar di Bandara Internasional Kansai, Osaka.

Sementara itu, juru bicara kabinet pemerintahan Taiwan, Kolas Yotaka, memuji kinerja Su sebagai diplomat. Dia mendorong warga Taiwan untuk lebih mendukung dan memberi dorongan bagi para diplomat yang ada di garis depan.

(Png – sisidunia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*