Home » News » Lidah Wanita Ini Menghitam Dan Berbulu Usai Diberi Antibiotik

Lidah Wanita Ini Menghitam Dan Berbulu Usai Diberi Antibiotik



Amerika Serikat – Usai ia diberi antibiotik, lidah seorang wanita berusia 55 tahun berubah hitam dan berbulu. Wanita itu diberi dua jenis antibiotik berbeda, yakni meropenem dan minocycline. Setelah seminggu berjalan, wanita itu dilaporkan merasa mual dan rasa tidak enak di mulutnya.

Lidah Wanita Ini Menghitam Dan Berbulu Usai Diberi Antibiotik

Lidah Wanita Ini Menghitam Dan Berbulu Usai Diberi Antibiotik

Gejala lain yang lebih mencolok, pada lidah wanita yang tak disebutkan namanya ini tumbuh bulu hitam (black hairy tongue). Kondisi wanita tersebut dicatat pada laporan berjudul, Black Hairy Tongue, yang dipublikasikan The New England Journal of Medicine pada 6 September 2018.

Baca juga : Ribuan Driver Online Gelar Aksi Unjuk Rasa

Wanita itu diberi dua jenis antibiotik untuk mengobati infeksinya. Ia mengalami kecelakaan mobil dan kena infeksi luka polimikrobial – infeksi yang disebabkan oleh lebih dari satu mikroba.

Menurut Yasir Hamad, dokter yang berpraktik di Washington University School of Medicine, St. Louis, Missouri, kondisi lidah berbulu hitam yang dialami wanita itu tidaklah mengejutkan.

“Ini tidak berbahaya. Kondisi ini muncul disebabkan pembesaran dan pertumbuhan tonjolan kecil di permukaan lidah,” tulis Yasir dalam laporan tersebut, dikutip dari Live Science, Minggu (9/9/2018).

Benjolan yang disebut filiform papilae ini tidak seperti papillae jenis lain di lidah. Itu tidak mengandung perasa, menurut Encyclopedia of Neuroscience. Jenis benjolan itu membantu mencengkeram makanan di permukaan lidah, menurut sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 2016 di jurnal Developmental Dynamics.

Lidah berbulu hitam bisa disebabkan sejumlah faktor, termasuk efek obat-obatan tertentu, merokok, obat kumur tidak cocok atau kebersihan mulut yang buruk. Dalam kasus pasien wanita itu, para dokter menduga, antibiotik minocycline adalah penyebabnya.

Minocycline termasuk antibiotik kelas tetrasiklin, yang kadang-kadang digunakan untuk mengobati jerawat. Obat ini relatif diterima tubuh dengan baik, tetapi juga dapat memiliki efek samping yang serius bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama.

“Antibiotik ini dapat menyebabkan perubahan warna pada mata. Kami tidak memberikannya kepada anak-anak karena dapat merusak gigi secara permanen,” kata Yasir, dilansir dari BuzzFeed News.

(Png – sisidunia.com)