Home » Gaya Hidup » Berikut Cara Jaga Kodisi Tubuh Saat Memasuki Musim Hujan

Berikut Cara Jaga Kodisi Tubuh Saat Memasuki Musim Hujan



Jakarta – Pada saat pergantian musim (pancaroba) dan musim hujan, penyakit flu dan batuk rentan terjadi. Maka saat musim hujan telah tiba, sebaiknya antisipasi perlindungan tubuh dengan berbagai cara agar kondisi tubuh tetap fit.

Berikut Cara Jaga Kodisi Tubuh Saat Memasuki Musim Hujan

Ilustrasi

Medical Manager PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan musim pancaroba merupakan musim yang perlu diwaspadai. Pasalnya, musim pancaroba bisa menyebabkan kondisi tubuh seseorang menurun akibat beberapa faktor cuaca yang melanda.

Baca juga : 7 Manfaat Kacang Polong Hitam Bagi Tubuh

Milai dari angin kencang, hujan yang datang secara tiba-tiba dalam waktu singkat, udara yang terasa panas, serta arah angin yang tidak teratur. Musim pancaroba biasanya terjadi pada peralihan dari musim hujan ke musim kemarau selama Maret sampai April dan peralihan dari musim hujan ke musim kemarau pada Oktober sampai Desember,.

Perubahan cuaca tersebut kerap dikaitkan dengan berbagai jenis penyakit yang muncul seperti flu, batuk, hingga sakit kepala. Maka dr Helmin menyarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat agar menjaga kondisi tubuh tetap prima.

“Penting penerapan gaya hidup sehat dan deteksi dini gangguan kesehatan akibat perubahan iklim ini. Asupan yang dianjurkan adalah sesuai dengan pola gizi seimbang di mana terpenuhi asipan makro dan mikri nutrient. Jika perlu, dapat mengkonsumsi suplemen untuk meningkatan daya tahan tubuh,” ujar dr Helmin, Selasa (4/9/2018).

dr Helmin juga menekankan perlunya tindakan proaktif untuk memahami pola perubahan iklim dan pengaruh terhadap kesehatan. Misalnya dengan melakukan pencegahan seperti menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit dan rajin mencuci tangan, terutama sesudah menggunakan fasilitas umum.

Jika gejala flu dan batuk telah menyerang, konsumsi Procold dengan dosis pas dan efektif serta tidak berlebihan. Selain itu, kandungan Phenylephrine Hcl pada Procold Flu juga bisa melegakan hidung yang tersumbat dengan lebih aman.

(Png – sisidunia.com)