Home » Gaya Hidup » 7 Manfaat Kacang Polong Hitam Bagi Tubuh

7 Manfaat Kacang Polong Hitam Bagi Tubuh



Jakarta – Kacang polong hitam ternyata mengandung banyak nutrisi dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Alasan kacang polong ini disebut black-eyed lantaran adanya bercah hitam seperti mata dikulitnya yang cerah.

7 Manfaat Kacang Polong Hitam Bagi Tubuh

Kacang polong hitam

Anda bisa mengonsumsi kacang ini dengan cara direbus, dibuat salad atau sup. Nilai gizi yang terkandung dalam kacang polong ini ada karbohidrat 20,39 g, Serat 7,5 g, Vitamin K 2,8 mg, Besi 1,81 mg, Kalsium 23 mg, Magnesium 60 mg, Sodium 1 mg, Fosfor 120 mg, Kalium 305 mg, Folat 128 mcg, Niacin 0,434 mg. Seperti yang dilansir Boldsky, Kamis (6/9/2018), 7 manfaat berikut ini bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi kacang polong hitam.

Baca juga : Popcorn Brain Diakibatkan Dari Keseringan Main Gadget

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Asupan kalium penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah dari penyakit kardiovaskular. Makanan yang sehat untuk jantung adalah yang rendah lemak dan kacang polong mata hitam ini memiliki kandungan rendah lemak.

2. Memperkuat kulit, kuku, rambut dan otot

Protein adalah salah satu nutrisi yang baik untuk tubuh. Protein diperlukan untuk memperkuat kulit, kuku, rambut dan otot Anda dan juga membantu memperbaiki sel-sel. Kacang polong ini mengandung protein yang berlimpah.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Kacang ini membantu meningkatkan kesehatan mata dengan memberi Anda vitamin A dan memproduksi pigmen di retina mata. Jumlah vitamin A yang terkandung dalam kacang polong hitam lebih besar dibandingkan dengan bayam dan brokoli. Mereka juga membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir.

4. Memperbaiki pencernaan

Kacang polong mata hitam banyak mengandung serat. Serat dapat membantu untuk memperlancar saluran usus Anda. Membersihkan kolesterol yang menumpuk pada usus kecil dan besar. Mengurangi risiko penyakit yang disebut aterosklerosis yang menyebabkan komplikasi kesehatan seperti serangan jantung, stroke, dan nyeri dada.

5. Mengurangi risiko kanker pancreas

Konsumsi makanan kaya folat dapat mengurangi risiko kanker pankreas. Kandungan folat yang ada dalam kacang polong mata hitam ini dapat membantu mencegah kanker. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumi kacang ini untuk mencegahnya.

6. Mengontrol kadar gula

Kandungan serat yang terdapat pada kacang polong mata hitem ini dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 1. Meningkatkan kadar insulib dan lipid. Bahkan penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk mengonsumsi kacang ini.

7. Membantu menurunkan berat badan

Serat selain untuk menurunkan kadar gula, dapat juga membantu untuk menurunkan berat badan karena membuat Anda kenyang lebih lama. Membantu Anda untuk mengurangi makan makanan berkalori tinggi. Jika Anda ingin diet untuk mengontrol kadar berat badan, Anda dapat mengonsumsi kacang polong mata hitam ini.

(Png – sisidunia.com)