Home » News » Belanja Menggunaan Kantong Plastik di Inggris Harus Bayar Mahal

Belanja Menggunaan Kantong Plastik di Inggris Harus Bayar Mahal



London – Banyak berita mengenaskan akibat sampah plastik. Terutama hewan-hewan air menjadi korban akibat banyaknya sampah laut di lautan.

Belanja Menggunaan Kantong Plastik di Inggris Harus Bayar Mahal

Ilustrasi

Dalam rangka melawan sampah plastik, pemerintahan Britania Raya berencana menambah tarif bagi pemakai kantong plastik. Pembeli pun harus membayar ekstra.

Baca juga : Myanmar Digegerkan Dengan Kapal Hantu Berbedera Indonesia

Dilansir The Sun, para menteri di pemerintahan Theresa May akan segera melaksanakan konsultasi untuk mengatasi “budaya membuang” di Britania.

Semenjak 2015, supermarket di Britania telah mewajibkan supermarket untuk menambah tarif sebesar 5 penny atau Rp 942 (1 penny = Rp 188) bagi para pengguna kantong plastik.

Dalam kebijakan baru, tarif untuk kantong plastik akan ditambahkan menjadi 10 penny (Rp 1.884). Tempat usaha ritel kecil pun juga akan kena peraturan ini.

Kebijakan tersebut berhasil mengurangi 86 persen penggunaan kantong plastik di tujuh supermarket besar di Britania semenjak kebijakan itu dimulai.

Alhasil, sampah akibat kantong plastik berkurang drastis. Sebelumnya, 7,6 miliar kantong plastik dipakai di Inggris, tapi tahun lalu turun menjadi 1,7 miliar.

Langkah terhadap plastik ini adalah bagian dari rencana 25 tahun Pemerintah Britania. Kebijakan ini telah didukung oleh Perdana Menteri May dan Menteri Lingkungan Michael Gove.

(Png – sisidunia.com)